Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Provinsi Banten membuat kreasi pangan lokal untuk pencegahan stunting.
 
Anggota TP PKK Banten, Wulan Priatningsih, di Serang, Selasa, mengatakan menu yang disajikan di antaranya makanan nasi porang daun mangkok, rolade lele (napole), nasi singkong daun kelor, sop gurame, serta menu minuman yaitu lengser lemon kembang telang, sereh dan lemon.
 
"Ikan lele memiliki gizi yang bagus untuk anak-anak, serta ada juga daun kelornya. Ini banyak manfaatnya buat anak," katanya.

Baca juga: Dinkes masifkan penanganan stunting terkait kenaikan angka prevelensi
 
Menu kreasi ini juga turut diikutsertakan dalam lomba memasak menu pangan lokal di Taman Balekambang Solo, Jawa Tengah, dengan dewan juri Chef Arnold Poernomo, Ketua Bidang Penguatan Ketahanan Keluarga TP PKK Pusat Ai Dariah Gede Suratha dan Neila Aisha Arief Prasetyo Adi.
 
"Sejumlah kreasi menu pangan lokal makanan bergizi tinggi ditampilkan sekaligus promosi menu pangan lokal untuk pencegahan dan penanganan stunting," katanya.
 
Sedangkan untuk bahan-bahan yang digunakan pada menu yang disajikan tersebut merupakan bahan pangan lokal yang mudah ditemukan.

"Semua pangan lokal yang kita gunakan dari daerah Banten, ini juga banyak yang mengolah beras singkong dan porang, serta ikan lele pun mudah untuk ditemukan hampir di setiap wilayah ada," katanya.

Baca juga: Dinkes masifkan penanganan stunting terkait kenaikan angka prevelensi
 
Selain itu, dengan menambahkan kreativitas dalam pengelolaan bahan pangan dapat meningkatkan daya tarik sehingga nafsu makan anak meningkat.
 
"Anak kan kalau makanan hanya begitu saja tanpa kreasi agak susah, maka seperti sayuran juga harus dikreasi dan dikombinasi. Bisa dibuat rolade yang mencampurkan ikan lele dengan sayuran itu bagus untuk anak dan meningkatkan kadar gizi anak," katanya.

Sedangkan untuk penilaian perlombaan memasak menu pangan lokal tersebut meliputi cita rasa, bahan yang digunakan higienis dan memiliki kandungan gizi, keterampilan saat memasak, serta cara penyajiannya.

Baca juga: Kabupaten Lebak percepat penanganan stunting dan kemiskinan ekstrem

Pewarta: Desi Purnama Sari

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024