Sebanyak 378 calon anggota panitia pemilihan kecamatan (PPK) di Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten, telah mengikuti tes wawancara yang diselenggarakan Komisi Pemilihan Umum setempat.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tangerang, Muhammad Umar di Tangerang, Selasa mengatakan, mengatakan dari sebanyak 397 peserta mengikuti tes berbasis komputer atau computer assisted test (CAT) dan lolos, hanya ada 378 orang yang ikuti tes wawancara.

"Pada tes tertulis pemilihan badan adhoc atau PPK Kecamatan berjumlah 397 yang lolos, dari tes tertulis itu dilakukan seleksi wawancara. Namun dalam tahapan wawancara yang kami lakukan pada tanggal 11 sampai dengan 13 Mei tahun 2024 yang hadir itu hanya 378 orang," katanya.

Baca juga: KPU Tangerang: Hanya satu calon independen yang daftar

Ia menyebutkan, selama dua hari pihaknya telah melaksanakan tes wawancara kepada para peserta calon PPK sejak Sabtu (11/5) hingga Minggu (12/5). 

"Setelah dilakukan tes CAT. Kita lakukan tes wawancara kepada para peserta PPK, atau badan adhoc Pilkada 2024 mendatang," katanya.

Dia mengungkapkan, sebanyak 378 calon panitia pemilihan kecamatan yang telah melakukan tes wawancara dan dinyatakan lolos, selanjutnya bakal melaksanakan pelantikan sebagai bandan adhoc PPK.

Dari hasil tes wawancara ini, katanya, pihaknya mengambil 10 orang, dimana 5 orang dilantik dan sisanya masuk kategori cadangan atau persiapan untuk Pergantian Antar Waktu (PAW).

"Kami tetapkan untuk waiting list atau daftar tunggu sebanyak lima orang jadi kami menetapkan dua kali kebutuhan. yang lima orang nanti mungkin akan dilantik setiap Kecamatan jadi 145 insya Allah tanggal 16 Mei," ujarnya.

Baca juga: KPU Pandeglang terima dua pasang pendaftar calon independen Pilkada 2024

Sebelum dilantik, KPU Kabupaten Tangerang terlebih dahulu akan mengumumkan hasil kelulusan pada 15 Mei 2024 mendatang. Dan pada tahapan selanjutnya baru dilakukan pelantikan. 

"Tanggal 15 kita umumkan, dan tanggal 16 nya akan dilakukan pelantikan," paparnya.

Saat ini, kata Umar, pihaknya sudah membuka tanggapan masyarakat untuk para calon peserta PPK untuk Pilkada.

Dia pun berharap, proses pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2024 ini, khususnya di Kabupaten Tangerang dapat berjalan dengan, aman, nyaman, dan damai. 

"Semoga berjalan dengan aman, nyaman, dan damai. Tetap jaga persatuan, meski memiliki perbedaan dalam pilihan di Pilkada nanti," pungkas dia.

Baca juga: Bawaslu Kota Serang gelar tes CAT calon Panwascam Pilkada 2024
 

Pewarta: Azmi Syamsul Ma'arif

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024