Bawaslu Kota Serang menggelar tes Computer Assisted Test (CAT) untuk calon anggota panwaslu kecamatan (Panwascam) yang bertugas pada pemilihan kepala daerah (pilkada) 2024 di daerah itu.

Anggota Bawaslu Kota Serang Abdurrochim, di Serang, Banten, Selasa, mengatakan sebanyak 58 pendaftar baru calon anggota panwascam pilkada 2024 saat ini mengikuti tes CAT di SMK Hasanuddin 2 Kota Serang.

"Bawaslu Kota Serang terus melaksanakan tahapan seleksi badan ad hoc pilkada untuk tingkat kecamatan atau panwascam," katanya.

Baca juga: KPU Kota Serang pastikan tidak ada calon perseorangan di Pilkada 2024

Sebanyak 65 orang calon anggota panwascam pilkada yang telah lulus seleksi administrasi berhak mengikuti CAT. Akan tetapi, kata dia, hanya ada 58 calon anggota panwascam yang datang dan mengikuti CAT.

"Yang ikut tes dari 65 orang itu hanya 58 orang karena yang tujuh orang itu tidak datang," katanya.

Dia menjelaskan pelaksanaan CAT tersebut terdiri dari 100 soal pilihan ganda dan 10 soal esai. Adapun soal-soal dalam CAT itu berkaitan dengan kewenangan, tugas, mekanisme pengawasan, dan UU Nomor 10 tahun 2016 tentang pilkada.

"Tugas-tugas di lapangan dan mekanisme pengawasan pada tingkatan kecamatan karena ini menghadapi pilkada maka lebih banyak mengarah pada UU Nomor 10 tahun 2016," ujarnya.

Baca juga: KPU Tangerang: Hanya satu calon independen yang daftar

Setelah CAT, kata dua, akan dilakukan perekapan nilai dan hasilnya akan diumumkan pada 17 Mei 2024., selanjutnya yaitu tahapan wawancara untuk sembilan besar peserta di masing-masing kecamatan.

Selanjutnya, kapasitas dan kapabilitas calon anggota panwascam akan dilihat saat tes wawancara dan pihaknya menginginkan anggota panwascam yang memiliki integritas tinggi dan memiliki pengalaman.

"Kalau itu nanti dalam sumpahnya ketika dilantik penyelenggara ad hoc harus menjunjung tinggi netralitas dan kemandirian," katanya.

Pada perekrutan panwascam pilkada menggunakan dua metode yaitu existing atau evaluasi untuk panwascam yang pernah bekerja pada,pemilu 2024 dan pembukaan pendaftar baru.

Baca juga: Pemkot Serang beri penghargaan pada dua pemuda berprestasi
 

Pewarta: Desi Purnama Sari

Editor : Lukman Hakim


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024