Guna menanamkan rasa cinta kepada satuan, memupuk dan meningkatkan semangat, dedikasi dan loyalitas prajurit Lanal Banten sebagai generasi penerus, Pangkalan TNI Lanal Banten menggelar peringatan HUT ke -41, yang digelar di markas komando setempat pada Selasa (6/5).

Komandan Lanal Banten, Kolonel Laut (P) Arif Rahman, mengatakan HUT Lanal Banten ke-41 kali ini mengangkat tema "Prajurit laut yang berwibawa dan memiliki jiwa serta tekad yang kuat siap menjaga kedaulatan dan keamanan laut NKRI".

"Peringatan HUT Lanal Banten ke -41 ini untuk menanamkan rasa cinta pada satuan, mengenang perjuangan para pendahulu dan sebagai bentuk penghormatan atas jasa-jasa para pendahulu dalam menyumbangkan tenaga, pikiran dan waktunya sehingga terbentuk Pangkalan TNI AL Banten," katanya.

Baca juga: Tingkatkan kesiapsiagaan, TNI AL gelar latihan penanggulangan bencana

Lebih lanjut ia menyebut, peringatan ini penting digelar untuk memupuk semangat, dedikasi dan loyalitas para prajurit. Karena Lanal Banten harus siap sedia untuk melakukan patroli, pengawasan dan penegakan hukum di laut termasuk melaksanakan pemberdayaan potensi maritim yang ada.
 
Sehingga penegakan hukum di laut, pemberdayaan potensi maritim untuk menjadi pertahanan keamanan negara benar-benar dapat dilaksanakan maksimal.

"Semua kita lakukan untuk mendukung prajurit unsur KRI yang beroperasi di wilayah kerja Lanal Banten dan sebagai prajurit laut yang siap sebagai pelindung dan penjaga perairan Selat Sunda sebagai dukungan bagi unsur -unsur TNI AL yang melaksanakan patroli keamanan laut. Sehingga penegakan hukum maupun pemberdayaan potensi maritim untuk menjadi pertahanan keamanan negara benar-benar dapat berjalan maksimal," katanya.
 
Salah satunya dalam melaksanakan pengawasan terhadap jalur traffic sepration schemes (TSS) dan Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI) I berkoordinasi dengan VTS Merak.

Baca juga: Lanal Banten gagalkan penyelundupan 864 ribu batang rokok ilegal

 

Pewarta: Susmiatun Hayati

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024