Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Tangerang Herman Suwarman mengatakan inovasi daerah harus mampu mendukung tugas dan fungsi setiap urusan pemerintahan dalam mencapai target pembangunan.

"Inovasi daerah bukan hanya sekadar retorika tetapi harus mampu mendukung mencapai target pembangunan yang telah ditetapkan sesuai visi dan misi Kota Tangerang," kata Sekda Herman dalam Rapat Koordinasi Pendampingan Inovasi Pelayanan Publik Berkelanjutan di Serpong, Senin

Ia menyampaikan Pemerintah Kota Tangerang telah berkomitmen untuk terus melakukan inovasi dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah.

"Sebagaimana hari ini, Pemkot mendapat penghargaan dari Provinsi Banten atas pelayanan publik terbaik tahun 2023,” katanya.

Baca juga: Pemkot Tangerang sosialisasikan gerakan selamatkan pangan

Sekda menekankan makna terpenting dalam sebuah inovasi daerah adalah menghasilkan reformasi birokrasi yang lebih mendorong Kota Tangerang yang lebih sejahtera dan berdaya saing.

"Inovasi yang dilakukan oleh perangkat daerah harus menjadi budaya dan nafas dalam pelaksanaan urusan pemerintahan," ujarnya.

Ia berharap perangkat daerah dapat terus mendukung keberlanjutan inovasi dengan terus memelihara dan mengembangkan kebaruan inovasi.

"Sudah banyak inovasi yang dibangun oleh Pemkot Tangerang dan menjadi unggulan dalam pelaksanaan pemerintahan, terus tingkatkan dan pertahankan,” kata dia.

Kepala Diskominfo Kota Tangerang Indri Astuti mengatakan inovasi dalam percepatan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) saat ini terus digencarkan termasuk di pemerintahan.

"Kami terus memasifkan pelayanan dan informasi publik secara digital agar memudahkan masyarakat mengakses melalui gawai masing-masing. Salah satu contohnya adalah Super App Tangerang LIVE yang digunakan oleh masyarakat untuk melakukan pengaduan, hingga pengajuan penyewaan fasilitas dan lainnya," kata dia.

Baca juga: Pemkot Tangerang raih dua penghargaan dari KIPP Banten

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024