Pengelola Terminal Bus Mandala, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten memprediksikan puncak mudik Lebaran 1445 H/2024 pada H-5 atau Jumat (5/4) hingga mencapai 2.000 pemudik.
 
Kepala Terminal Bus Mandala Lebak Muksin di Rangkasbitung, Lebak, Rabu, mengatakan saat ini aktivitas arus mudik masih sepi dan belum terjadi lonjakan signifikan baik penumpang kedatangan maupun keberangkatan.
 
Pihaknya menyiagakan angkutan lebaran tahun ini sebanyak 110 kendaraan terdiri dari Angkutan Kendaraan Antar Provinsi (AKAP) sebanyak 50 unit bus dan Angkutan Kota Dalam Provinsi (AKDP) serta Angkutan Pedesaan (Angdes) 60 unit.
 
Semua kendaraan angkutan Lebaran itu dalam kondisi layak jalan setelah dilakukan pemeriksaan ramp check kendaraan yang dilakukan Dinas Perhubungan Provinsi Banten.
 
Selain itu juga puluhan sopir dalam kondisi sehat dan tidak ditemukan narkoba usai dilakukan pemeriksaan kesehatan.
 
"Kami berharap arus mudik Lebaran berjalan lancar, aman dan selamat sampai tujuan," katanya.

Baca juga: Terminal Bus Mandala Lebak masih lengang dari pemudik
 
Sementara itu, Haerudin (50) sopir bus Primajasa di Terminal Mandala Lebak mengaku dirinya saat ini hanya beberapa penumpang yang mudik dan belum terjadi lonjakan penumpang.
 
Kemungkinan prediksi arus mudik H-5 karena sudah memasuki liburan dan mereka pekerja sudah menerima Tunjangan Hari Raya (THR).
 
Ia mengatakan, kebanyakan penumpang arus mudik di sini kedatangan dari Jakarta, Tangerang, Bekasi, Bogor, Bandung dan Depok karena mereka pekerja pabrik yang mudik ke berbagai daerah di Banten.
 
"Kami berharap mudik Lebaran tahun ini lebih banyak memilih kendaraan angkutan bus dibandingkan sepeda motor sesuai imbauan pemerintah," katanya. 

Baca juga: Puncak arus mudik Lebaran di Terminal Pakupatan Serang diprediski H-3

Pewarta: Mansyur suryana

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024