Polda Banten menerjunkan sebanyak 4.174 personel untuk melakukan pengamanan pengumuman hasil suara rekapitulasi pemilihan umum (Pemilu) tingkat nasional di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Banten.
 
Kapolda Banten Irjen Pol Abdul Karim, di Serang, Banten, Rabu, mengatakan, pihaknya telah memastikan kesiapan personel dalam mengamankan pengumuman , hasil penghitungan perolehan suara Pemilu 2024 oleh KPU RI hari ini.
 
"Dalam rangka penetapan (hasil suara), memang sudah ada personel yang harus melakukan pengamanan, seperti penetapan pada saat penghitungan di Provinsi karena ini sifatnya selama kegiatan rangkaian pemilu," katanya.

Baca juga: KPU: tak ada niat mundurkan penetapan hasil Pemilu 2024
 
Kapolda mengatakan, untuk personel yang disiagakan yakni sebanyak 4.174 orang di seluruh wilayah Kabupaten/Kota dan Provinsi Banten.
 
"Untuk pengamanan khusus nya kita masih fokus pengamanan di tempat kantor KPU Provinsi yang dilibatkan dalam operasi ini sebanyak 4.174 personel," katanya.
 
Kapolda mengatakan, untuk saat ini kondisi di wilayah Provinsi Banten dalam keadaan aman dan terkendali, dan ini semua merupakan hasil kerja keras bersama seluruh stakeholder atau pemangku kepentingan.
 
"Saat ini kondisinya aman dan terkendali. Dan ini semua merupakan hasil dari kerja keras dan kolaborasi yang efektif antara Pemerintah Daerah, TNI, Polri, dan Lembaga Penyelenggara Pemilu: KPU, Bawaslu, Dan DKPP, " kata Kapolda.
 
Kapolda menjelaskan bahwa sebelum Pelaksanaan Pemilu, Polda Banten telah mengambil langkah-langkah komprehensif untuk memastikan situasi yang kondusif.
 
"Berbagai inisiatif telah diimplementasikan, dengan mengadakan deklarasi damai serta melakukan simulasi pengamanan Pemilu. Ini menunjukkan komitmen kami dalam menciptakan suasana Pemilu yang aman dan damai. Deklarasi damai ini bertujuan untuk membangun kesepakatan dan komitmen bersama antar elemen masyarakat dalam mendukung Pemilu yang berlangsung secara adil dan damai," katanya.

Baca juga: Soal PDIP tak lantik caleg, KPU: Itu kebijakan internal!

Pewarta: Desi Purnama Sari

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024