Penjabat (Pj) Wali Kota Tangerang Nurdin meminta setiap bentuk perencanaan barang dan jasa di Pemerintah Kota Tangerang, Banten harus senantiasa mengedepankan prinsip kepentingan dan pelayanan kepada masyarakat.

Ia mengatakan salah satu kunci agar program-program pemkot dapat berjalan dengan optimal dengan mengedepankan pelayanan yang prima, yaitu melalui perencanaan yang matang dan mengutamakan kepentingan publik atau masyarakat.

"Termasuk dalam perencanaan pengadaan barang dan jasa yang mendukung kelancaran program-program pembangunan yang dijalankan," kata dia saat membuka kegiatan Konsolidasi Data Rencana Umum Pengadaan (RUP) 2024 di Tangerang, Selasa.

Agar pengadaan terencana dengan baik, kata dia, perlu untuk segera dilakukan penyusunan RUP sesuai dengan batas waktu yang telah ditentukan.

Baca juga: Wali Kota Tangerang sebut sosialisasi sadar halal perlu dioptimalkan

Sesuai Peraturan Presiden Nomor 12 Tahun 2021 tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah, dan sebagaimana diatur dalam peraturan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) Nomor 11 Tahun 2021 pasal 8 (ayat 2) batas waktu pengumuman RUP untuk pengadaan tahun berikutnya pada aplikasi Sistem Informasi Rencana Umum Pengadaan (SIRUP) dilaksanakan paling lambat tanggal 31 Maret pada tahun anggaran tersebut.

"Karenanya saya mohon kolaborasi dan kerja samanya agar perencanaan pengadaan dapat terencana dan terealisasi dengan baik, sehingga dapat mendukung pencapaian Indeks Tata Kelola Pengadaan (ITKP) dengan target penilaian minimal baik di tahun 2024," ujarnya.

Namun demikian, Ia mengingatkan kepada seluruh peserta kegiatan agar tidak hanya terfokus pada ITKP, melainkan kepada kualitas RUP yang dapat memberikan manfaat untuk keberlangsungan pembangunan serta pelayanan kepada masyarakat.

"Ada sebuah ungkapan bahwa ‘gagal merencanakan sama dengan merencanakan kegagalan’. Untuk itu, melalui kegiatan ini saya minta agar dapat tersusun RUP yang cepat, tepat dan bermanfaat dalam mendukung terwujudnya Kota Tangerang yang sejahtera, berakhlakul karimah dan berdaya saing," katanya.

Baca juga: Masyarakat disarankan coba pola tidur "power nap" selama puasa

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024