Penjabat (Pj) Wali Kota Tangerang Nurdin menginstruksikan perangkat daerah untuk mengoptimalkan sosialisasi Program Masyarakat Sadar Halal (Masahal) dan Pembangunan Fasilitas yang Islami (Bangfami).

"Kita harus terus sosialisasikan serta edukasi masyarakat tentang pentingnya kesadaran akan produk halal," kata Pj Wali Kota Nurdin saat membuka webinar optimalisasi pemberdayaan UMKM terkait penguatan produk ekonomi lokal yang halal menuju pasar global di Tangerang, Selasa.

Ia mengatakan terkait pembangunan fasilitas yang Islami harus diperhatikan karena sesuai dengan tagline dan visi misi Kota Tangerang yakni Kota yang Akhlakul Karimah.

Lalu pengembangan produk-produk halal, sertifikasi halal hingga lokakarya cara membuat produk halal sampai memperoleh sertifikasi halal harus disosialisasikan

"Langkah-langkah pendampingan oleh Pemkot juga harus optimal agar masyarakat kita benar-benar bisa menghasilkan produk-produk UMKM yang halal," katanya.

Baca juga: Disperindagkop Kota Tangerang buka pendaftaran sertifikasi halal gratis

Ia menyampaikan dalam optimalisasi pemberdayaan UMKM yang penting untuk diperhatikan adalah kualitas dan kontinuitas produk serta kompetensi dari pelaku usahanya.

"Pemerintah Kota Tangerang senantiasa mendukung berbagai program pengembangan kompetensi, pelatihan serta fasilitasi-fasilitasi seperti uji lab gratis dan tentunya sertifikasi halal gratis," ujarnya.

Ketua Umum Persatuan Saudagar Muslimah Indonesia Siti Nur Azizah Ma'ruf Amin berharap para pelaku UMKM dapat memanfaatkan kegiatan ini untuk menambah wawasan dan pengetahuan dalam upaya optimalisasi pemberdayaan UMKM di Kota Tangerang.

"Semoga melalui kegiatan webinar dan diskusi ini dapat semakin menambah wawasan kita bersama dalam mengembangkan UMKM menuju UMKM yang go halal dan go global," katanya.

Baca juga: Polres Metro Tangerang tangkap empat pelaku prostitusi online

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024