Direktur Perumda Pasar Kota Tangerang Titien Mulyati mengklaim revitalisasi Pasar Anyar merupakan bagian dari upaya meningkatkan pertumbuhan ekonomi bagi para pedagang serta perkuat ekonomi kerakyatan.

“Pascarevitalisasi nanti diharapkan tidak hanya memberikan keuntungan ekonomis bagi pedagang, tapi juga berujung peningkatan pertumbuhan ekonomi Kota Tangerang dalam upaya mewujudkan masyarakat yang maju, mandiri dan sejahtera,” kata Titien Mulyati di Tangerang Kamis.

Ia mengatakan kondisi Pasar Anyar Tangerang saat ini makin memprihatinkan sehingga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melakukan revitalisasi.

Revitalisasi dengan anggaran Rp140 miliar ini ditargetkan selesai dalam 10 bulan dan dapat meningkatkan layanan pasar untuk pelanggan atau konsumen.

Baca juga: Pemkot Tangerang pastikan Pasar Anyar diubah lebih modern

Ia pun menjelaskan, pasar bisa menjadi cerminan dari ekonomi daerah. Maka, jika suatu pasar ramai, ekonomi di daerah tersebut bergerak.

“Pasar Anyar sebagai pasar legendaris memang sudah seharusnya mendapat sentuhan revitalisasi, yakni untuk mengembalikan eksistensi dan kejayaannya yang berujung perubahan yang maju atau positif di segala sektor,” katanya.

Revitalisasi Pasar Anyar Tangerang juga akan mendukung pengembangan pariwisata lokal karena terintegrasi dengan moda transportasi dengan tersedianya shelter angkutan umum.

Dalam memikat pengunjung, nantinya juga akan diperkuat dengan desain mural pada tembok depan pasar. Jadi, pasar tidak hanya berbelanja sayur saja, tapi juga untuk menjadi destinasi wisata.

Baca juga: Revitalisasi Pasar Anyar Tangerang masuki tahap pemagaran

“Pasar Anyar Tangerang juga akan menghadirkan layanan pemerintah yang bisa diakses langsung di lokasi. Sehingga revitalisasi Pasar Anyar Tangerang tidak hanya berdampak kepada transaksi ekonomi saja, namun juga kepada pengembangan pelayanan masyarakat,” ujarnya.

Revitalisasi pasar tiga lantai ini nantinya menyediakan kios dan los sebanyak 1.672 unit. Pada lantai satu, akan diperuntukkan untuk kios dan los produk basah, seperti sayur, daging, ikan, sembako dan lainnya.

Lantai dua diperuntukkan bagi kios dan los kering seperti aksesoris, pakaian, emas dan dilengkapi dengan tenant area komersil dan spot pelayanan publik milik Pemkot Tangerang.

Sedangkan di lantai tiga Pasar Anyar Tangerang akan dilengkapi dengan sarana olahraga, masjid dan kantin.

"Sebagian besar Pasar Anyar Tangerang juga akan disulap menjadi ruang terbuka hijau,” katanya.

Baca juga: 430 lapak disiapkan tampung sementara pedagang Pasar Anyar

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024