Pemerintah Kota Tangerang, Banten memastikan Pasar Anyar bakal diubah menjadi pasar yang lebih modern, sehingga mampu menghidupkan perekonomian di daerah setempat. 

"Langkah ini merupakan keberpihakan Pemkot Tangerang kepada para pedagang untuk meningkatkan perekonomian di Pasar Anyar Tangerang," kata Sekda Kota Tangerang Herman Suwarman di Tangerang, Selasa.

Perlu diketahui, revitalisasi Pasar Anyar Tangerang dilakukan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Senin (11/3).

Baca juga: 430 lapak disiapkan tampung sementara pedagang Pasar Anyar

Pemerintah Kota Tangerang merelokasi pedagang ke empat lokasi, yakni Pasar Mambo, Pasar Anyar Selatan, Plaza Shinta, dan Mall Metropolis.

Di Plaza Shinta juga terdapat dua ratus pedagang yang sudah mendaftar untuk berjualan. Lalu, di mal Metropolis ada lebih dari 56 pedagang yang sebagian besar penjual emas dan perak. Kemudian, pedagang Pasar Anyar juga dibebaskan biaya sewa selama berjualan di tempat relokasi sampai kembali lagi ke Pasar Anyar.

Sebelumnya, Asisten Ekonomi Pembangunan Pemerintah Kota Tangerang Yeti Rohaeti mengatakan proses revitalisasi dan relokasi sementara pedagang bukan pengusiran, tetapi merapikan pasar agar pedagang dan pembeli nyaman tidak mengganggu lalu lintas.

Ia mengatakan kondisi Pasar Anyar yang sudah termakan usia dan tidak nyaman perlu dilakukan revitalisasi untuk kenyamanan jual beli ke depannya. Rencana revitalisasi sudah berproses sejak lama, saat ini mulai dikerjakan oleh Kementerian PUPR.

Baca juga: Pemkot Tangerang minta pegawai sosialisasikan pemindahan pedagang Pasar Anyar
 

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024