Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Tangerang Banten menerapkan sistem putar arah (looping) di ruas Jalan Husein Sastranegara, Rawa Bokor untuk peningkatan aksesibilitas dan kelancaran yang mengarah langsung ke wilayah Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta).

"Kami juga mengajak pihak Angkasa Pura II, pihak pengelola Tol Jakarta-Kunciran, serta Kementerian PUPR untuk bersama-sama berkolaborasi membenahi arus lalu lintas di sekitar Rawa Bokor,” kata Kepala Dishub Kota Tangerang Achmad Suhaely dalam keterangannya di Tangerang Kamis.

Ia juga menegaskan penerapan sistem putar arah tersebut telah melewati proses pengkajian dan pembahasan yang matang setelah Dinas PUPR menyelesaikan pembangunan yang menghubungkan Jalan Perancis dan Jalan Husein Sastranegara.

"Ini juga bagian dari melakukan rekayasa lalu lintas untuk menguraikan kepadatan yang sering terjadi di ruas Jalan Husein Sastranegara Rawa Bokor setiap harinya," kata dia.

Baca juga: Selama 2024, DKP Tangerang bagikan 3.070 bibit tanaman sayuran gratis

Ia melanjutkan, rekayasa lalu lintas di Jalan Husein Sastranegara dinilai akan efektif mengurai kepadatan lalu lintas di kawasan tersebut yang seringkali mengakibatkan kemacetan dari arah Kosambi, Tangerang Kota, dan Jakarta dari arah Tol Benda. 

Tidak hanya itu, Dishub Kota Tangerang juga telah melengkapi infrastruktur penerangan jalan untuk meningkatkan proteksi keselamatan lalu lintas di wilayah tersebut.

“Cara ini dinilai yang paling tepat untuk mengantisipasi kemacetan yang sering terjadi di sekitar Rawa Bokor. Apalagi, mekanisme putar arah mampu membuat kendaraan dapat terus bergerak meski terjadi kepadatan, sehingga tidak menimbulkan antrean atau bahkan sampai kemacetan,” kata dia.

Baca juga: Dishub Kota Tangerang buka posko validasi mudik gratis Kemenhub

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024