Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Tangerang menyebutkan telah mencetak 218 Nomor Izin Berusaha (NIB) secara gratis selama Februari dalam rangkaian HUT Kota Tangerang ke 31 tahun.

Kepala DPMPTSP Kota Tangerang Taufik Syahzaeni di Tangerang Rabu mengatakan jumlah tersebut masih akan bertambah karena hari ini digelar di Kecamatan Jatiuwung dan Periuk sebagai hari terakhir.

"Jadi, 218 NIB tercetak saat ini masih akan bertambah. Semoga, dengan layanan ini dapat membantu para pelaku usaha khususnya UMKM untuk lebih mengembangkan bisnis atau usaha pada produknya,” kata dia.

Ia mengatakan permohonan NIB gratis terbanyak berada di Kecamatan Larangan dengan penerbitan 50 NIB, Kecamatan Tangerang dengan 25 NIB dan Kecamatan Pinang dengan 24 NIB. 

Baca juga: DPMPTSP Tangerang masih buka pembuatan NIB gratis di empat kecamatan

Ia pun menuturkan, antusias pelaku usaha dalam layanan NIB gratis secara road show seperti ini memang selalu tinggi. Oleh karena itu, DPMPTSP Kota Tangerang kerap menggelar layanan NIB gratis mendatangi lapak - lapak pedagang. 

"Ini bertujuan memudahkan para pelaku usaha, dimana para pedagang cukup sulit meninggalkan atau bahkan tutup dagangannya untuk mengurus urusan NIB," katanya.

Ia mengatakan untuk mendapatkan permohonan NIB di Kota Tangerang, pelaku usaha atau UMKM dapat mengakses secara online melalui laman https://www.oss.go.is.

"Memiliki NIB banyak manfaat seperti usahanya tercatat secara resmi atau legal oleh pemerintah, juga mempermudah OPD terkait untuk memberikan pelatihan dan pembinaan mengenai keterampilan usaha dan beragam kemudahan program-program lainnya,” pungkas Taufik Syahzaeni.

Baca juga: DPMPTSP Kota Tangerang layani pembuatan NIB sehari jadi di kecamatan

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024