Wali Kota Cilegon Helldy Agustian, membuka kegiatan Mobil Clinic yang digelar PT Chandra Asri Pacific guna meningkatkan taraf kesehatan masyarakat melalui penyediaan akses kesehatan yang lebih dekat dan gratis serta harapan untuk menekan angka stunting. 

Kegiatan ini berkolaborasi dengan Perhimpunan Kedokteran Wisata Kesehatan Indonesia (PERKEDWI) Banten, Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kota Cilegon, Sahabat Relawan Indonesia (SRI), dan Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI) Banten.

Program ini diselenggarakan di Kelurahan Taman Baru, Kecamatan Citangkil, Cilegon, Sabtu. 

"Kegiatan Mobile Clinic ini menjadi bentuk nyata kolaborasi berbagai pihak untuk meningkatkan taraf kesehatan di Kota Cilegon. Pemerintah Kota Cilegon saat ini tengah menekan angka stunting yang mencapai angka 19 persen dan target penurunan di tahun ini adalah sebesar 14 persen. Kami harapkan kegiatan positif seperti ini bisa terus berlanjut kedepannya,” kata Walikota Cilegon, Helldy Agustian.

Baca juga: Chandra Asri siap kelola 1,7 ton sampah plastik jadi aspal plastik dan BBM Plas

Program Mobile Clinic bertajuk “Banten Sehat Indonesia Kuat” ini diharapkan dapat terus terlaksana di berbagai Kecamatan di kota Cilegon sebagai upaya peningkatan kesehatan masyarakat secara menyeluruh.

Pelayanan kesehatan yang disediakan oleh Mobile Clinic ini terdiri dari pengobatan umum, pemeriksaan kesehatan ibu hamil dan balita, serta penanganan stunting.

Kegiatan ini didukung oleh 20 orang tenaga medis yang terdiri dari dokter spesialis, dokter umum, bidan, perawat, relawan dan apoteker. Total 234 orang pasien, yang terdiri dari 158 orang pasien umum, 18 orang pasien EKG, 22 orang pasien USG dan 36 orang pasien bayi dan balita telah dilayani oleh Mobile Clinic.

Baca juga: Chandra Asri kenalkan industri pengelolaan sampah terpadu pada mahasiswa internasional

Corporate Shared Value Department Manager Chandra Asri Group, Bapak Wawan Mulyana, menyampaikan Program Mobile Clinic ini merupakan upaya Chandra Asri Group bersama PERKEDWI, IDI, SRI dan POGI Banten.

"Kegiatan ini untuk turut mendukung peningkatan taraf kesehatan masyarakat yang menjadi fokus pemerintah Kota Cilegon. Hal ini sejalan dengan salah satu pilar Social Value Perusahaan, yakni kesehatan, dimana Perusahaan telah sejak lama berkolaborasi dengan pemerintah untuk terus memberikan pelayanan kesehatan terutama kepada ibu hamil, ibu menyusui, bayi dan balita. Kami berharap program Mobile Clinic ini dapat memberikan kemudahan pada masyarakat untuk memperoleh akses pelayanan kesehatan dan menekan angka stunting," kata Wawan.

Ketua PERKEDWI Banten dr. Arius Karman, MARS mengatakan bahwa kegiatan didukung tenaga medis sekitar 20 orang yang terdiri dari dokter spesialis, dokter umum, bidan, perawat, relawan dan apoteker yang hadir dalam kegiatan tersebut.

Kegiatan baksos ini diantaranya pemeriksaan umum, cek darah, kandungan, gigi, stunting hingga edukasi hidup sehat dan bersih serta pembagian susu bagi ibu hamil.

“Alhamdulillah, ini merupakan salah satu kegiatan rutin kami bersama teman-teman. Mudah-mudahan dengan adanya pengobatan atau kegiatan baksos ini bisa memberikan manfaat untuk masyarakat,” katanya.

Baca juga: Chandra Asri gerak cepat serahkan bantuan untuk korban banjir Cilegon

Pewarta: Susmiatun Hayati

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024