Mahasiswa Universitas Raharja Tangerang, Achmad Rifai membuat rancang bangun sistem informasi pemantauan dan pengaduan pelayanan KTP elektronik di Kecamatan Benda Kota Tangerang.

Rifai yang merupakan jurusan Teknik Infomatika Konsentrasi Software Engineering di Tangerang, Kamis mengatakan website yang dibuatnya berfungsi untuk melacak terkait pengaduan KTP elektronik secara online dengan cepat dan mudah.

Sehingga masyarakat bisa mengetahui laporan pengaduan yang diajukan kepada pemerintah Kota Tangerang khususnya kecamatan Benda, telah ditindak lanjuti atau belum.

"Jadi warga bisa memperoleh informasi mengenai status cetakan KTP el yang telah diajukan untuk diketahui apakah sudah tercetak atau belum hingga melakukan pengaduan secara efisien,” kata Rifai.

Baca juga: Petugas DKCS Cilegon jemput bola rekam KTP elektronik di sekolah

Sebelumnya Universitas Raharja (UR) Tangerang menggelar pameran hasil karya penelitian mahasiswa atau lebih dikenal dengan sebutan Raharja Career.

Rektor Universitas Raharja Tangerang Dr Po Abas Sunarya dalam keterangannya menuturkan Raharja Career adalah sarana untuk menguji layak tidaknya mahasiswa diluluskan melalui uji hasil karya ilmiah aplikatif di dunia  kerja. 

Sehingga ketika lulus, mahasiswa tak hanya memiliki ijazah tetapi juga mempunyai kompetensi memadai untuk bersaing dalam dunia usaha dan dunia industri (DUDI).

Ia juga menjelaskan jika Raharja Career merupakan implementasi dari Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MKBM) yang digaungkan oleh Mendikbud Ristek.

“Jadi selama satu semester para mahasiswa kita lepas ke lapangan dan nanti hasil karyanya di presentasikan dengan mengundang berbagai pihak jadi akan kelihatan karya asli atau bukan," ujarnya.

Baca juga: Disdukcapil Kota Tangerang layani pembuatan KTP elektronik sehari jadi

Pewarta: Agung

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024