Pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) Kabupaten Tangerang, Banten mendapatkan peluang kerja sama dalam meningkatkan jaringan penjualannya, sehingga produknya dijual di retail modern.

Corporate Communication Alfamidi Retriantina Marhendra, di Tangerang, Rabu, mengatakan pihaknya sangat terbuka bagi pengusaha lokal untuk meningkatkan jaringan penjualannya.

Langkah itu merupakan wujud dukungan terhadap program pemerintah dalam upaya mengembangkan UMKM dan menciptakan sinergi yang baik dengan pengusaha kecil.

"Produk UMKM yang nantinya dipasarkan di Alfamidi sudah melalui tahap seleksi kualitas, baik dari segi rasa, legalitas dokumen maupun kemasan. Melalui kerja sama ini diharapkan dapat membantu pemasaran produk UMKM," kata Retriantina Marhendra dalam kegiatan sosialisasi, di Gedung Gerai Tangerang Gemilang, Kabupaten Tangerang.

Baca juga: UKM Kota Tangerang dilatih cara pelaporan kegiatan perindustrian

Ia juga menambahkan sosialisasi kepada pelaku UMKM yang ingin bermitra sebagai wujud dukungan terhadap program pemerintah daerah dalam mengembangkan UMKM di Kabupaten Tangerang.

"Bentuk sosialisasi yang dilakukan mencakup standar kualitas serta persyaratan yang harus dimiliki pelaku UMKM agar bisa bermitra dengan Alfamidi. Beberapa syarat itu, seperti sertifikasi halal, sertifikasi BPOM, syarat kemasan, dan lain-lain," ujarnya lagi.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Tangerang Resmiyati Marningsih mengapresiasi langkah Alfamidi dalam mendukung UMKM lokal.

"Pemerintah mendukung aksi perusahaan swasta dalam mengakomodasi para pelaku UMKM Kabupaten Tangerang agar bisa terus berkembang. Hal ini juga akan memberikan dampak baik bagi perekonomian daerah," katanya pula.

Sindy, salah satu peserta merasa terbantu kepada program sosialisasi kemitraan UMKM dengan Alfamidi, karena mengetahui cara sebuah produk lokal dapat memenuhi standar dan bisa melebarkan target pasar yang lebih luas seperti ke toko ritel modern.

Baca juga: Ini pentingnya perlindungan kekayaan intelektual bagi UMKM

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024