Warga di Kelurahan Mekar Baru, Kecamatan Panongan, Kabupaten Tangerang, Banten antusias menggunakan hak pilihnya dengan mendatangi TPS saat pelaksanaan Pemilu 2024.

Berdasarkan pantauan ANTARA di lapangan, Rabu, terlihat warga di TPS 06 mulai pukul 10.30 hingga 11.20 WIB, tidak henti-hentinya warga setempat berdatangan.

Dimana, warga dari kelompok muda hingga lansia berpartisipasi untuk menyalurkan hak pilihnya dalam Pemilu 2024 yang dilaksanakan hari ini.

Bahkan, sejumlah kelompok milenial dan gen Z  tampak antusias ikut memberikan hak suaranya  dalam pelaksanaan pesta demokrasi tersebut.

"Saya dari pukul 08.00 WIB sudah datang ke TPS. Tentu semangat ikut pencoblosan, karena ini kali pertama saya ikut pemilu," kata Chelsea salah satu warga Perumahan Vila Permata, Kelurahan Mekar Baru, Kecamatan Panongan di Tangerang.

Ia mengaku, pada pelaksanaan pesta demokrasi  tahun ini sangat ditunggu-tunggu olahnya. Karena, ia pertama kalinya ikut serta pada pemilihan calon presiden dan wakil presiden 2024.

Baca juga: Gubernur dan Kajati Banten nyoblos bareng di TPS 05 Kota Serang

Selain itu, kata dia, yang menjadi penambah semangat untuk datang ke TPS dalam partisipasi memberikan hak suaranya itu, karena adanya pemberian voucher belanja gratis yang disediakan para petugas KPPS.

"Disamping milih, ternyata tadi saya dikasih voucher belanja dari petugas TPS," ujar dia.

Sementara itu, Kapolsek Panongan Iptu Hotma Manurung menyampaikan, dalam pagelaran pemilu kali ini pihak penyelenggara memberikan konsep yang unik, yaitu memberikan voucher belanja gratis bagi para pemilih yang datang cepat ke TPS.

Hal tersebut, dimaksudkan sebagai menarik para pemilih untuk datang ke lokasi pencoblosan sebagai meningkatkan tingkat partisipasi pemilu di wilayahnya tersebut.

"Ya, kami bersama penyelenggara bekerjasama dengan pihak swasta untuk memberikan hadiah bagi para pemilih. Ini menjadi strategi kita dalam meningkatkan partisipasi masyarakat," tutur dia.

Baca juga: 721 warga binaan Lapas Kelas II A Kota Serang bisa salurkan hak pilih

 

Pewarta: Azmi Syamsul Ma'arif

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024