Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tangerang, Banten memusnahkan sebanyak 22.794 ribu surat suara yang masuk dalam kategori rusak dan berlebih untuk pemilihan umum (Pemilu) 2024.

Pemusnahan puluhan ribu surat suara tersebut dilakukan dengan cara dibakar oleh pihak KPU di depan Gudang Logistik Pemilu, di Cikupa, Kabupaten Tangerang, Selasa.

"Jadi hari ini kita lakukan pemusnahan surat suara yang mengalami kerusakan dan berlebih dengan total ada sebanyak 22.794 surat suara pemilu," kata Ketua KPU Kabupaten Tangerang Muhammad Umar.

Baca juga: KPU Tangerang pastikan logistik pemilu sudah lengkap

Ia merincikan, dari 22.794 kertas surat suara kategori tidak layak dan berlebih ini diantaranya seperti surat suara calon presiden dan wakil presiden dengan kondisi berlebih sebanyak 4.663 suara dan kondisi rusak 62 suara dengan total yang dimusnahkan 4.745 surat suara.

Kemudian, kertas suara golongan pemilih DPD RI berlebih yaitu sebanyak 610 surat suara dan rusak yang rusak ada 115 suara dengan total keseluruhan sebanyak 725 surat suara dimusnahkan.

Selanjutnya, ada surat suara dari golongan pemilih DPR RI yang dalam kondisi baik atau berlebih sebanyak 2.507 surat suara dan rusak 272 suara, maka jumlah total dimusnahkan yaitu 2.779 surat suara.

"Untuk surat suara DPRD Provinsi yang berlebihan 2.502 surat suara dan yang rusak ada 11.058 surat suara dengan total dimusnahkan sebanyak 13.560 suara," katanya.

Baca juga: KPU Lebak ajak masyarakat gunakan hak pilih

Sedangkan, untuk jenis surat suara jenis pemilihan DPRD Kabupaten yang berlebihan sebanyak 270 surat suara dan rusak ada 707 surat suara, maka total yang dimusnahkan yaitu 977 surat suara.

Kendati demikian, dari total jumlah logistik surat suara yang rusak dan sudah dimusnahkan ini, diketahui terbanyak adalah dari surat suara jenis pemilih DPRD Provinsi.

"Kita lihat dari hasil sortir dan pendataan paling banyak itu dari surat suara rusak itu jenis DPRD Provinsi dengan total 11.058 suara," ujarnya.

Dengan pemusnahan ini, KPU Kabupaten Tangerang berharap tidak ada kecurangan terkait penggunaan surat suara pada Pemilu yang bakal dilaksanakan Rabu (14/2).

Ia juga menambahkan, untuk distribusi logistik baik itu di luar kotak dan dalam kotak saat ini sudah dilakukan ke seluruh KPPS dan sekarang ini PPS tengah melakukan persiapan ke TPS.

"Logistik sudah didistribusikan semua, setelah kita lakukan pengepakan. Bahkan untuk jenis logistik di luar kotak itu jauh jauh hari kita sudah didistribusikan ke KPPS," pungkas Muhammad Umar.

Baca juga: Pemkab Tangerang terjunkan 237 personel untuk pengamanan TPS pemilu

Pewarta: Azmi Syamsul Ma'arif

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024