Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang, Banten, menerjunkan sebanyak 237 personel pengamanan ke tempat pemungutan suara (TPS) Pemilu 2024 di wilayahnya tersebut. 

Pj Bupati Tangerang Andi Ony di Tangerang, Selasa mengatakan bahwa penerjunan ratusan personel dari Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP)tersebut nantinya akan ditugaskan untuk melakukan pengamanan dan pengawasan di seluruh TPS-TPS yang ada.

"Satpol PP mempunyai kewajiban untuk menunaikan tugasnya yakni turut serta dalam pengamanan seluruh tahapan pemilu. Sebanyak 237 Personil (60 orang PNS dan 177 orang Non-PNS) siap bertugas untuk  melaksanakan pengamanan pada tanggal 13-15 Februari 2024 pada 29 kecamatan se-Kabupaten Tangerang," kata Andi dalam Apel Pergeseran Personil Pengamanan Pemilu 2024 di Tangerang.

Baca juga: 28 TPS tergolong rawan konflik di Tangerang dipindah

Menurut dia, tugas Satpol PP mempunyai kewajiban mengamankan seluruh tahapan pelaksanaan pemilu serentak, khususnya pada hari-H pemungutan suara yang akan dilaksanakan 14 Februari 2024

Dalam hal ini, lanjut dia terdapat tiga posko utama yang menjadi pusat koordinasi pengamanan Satpol PP, yaitu posko wilayah barat di Kecamatan Balaraja, posko wilayah selatan di Kecamatan Curug dan posko wilayah utara ada di Kecamatan Sepatan. 

Untuk itu, dia berpesan kepada seluruh personil yang bertugas untuk siap dan sigap menghadapi segala potensi kerawanan.

Baca juga: Pemkab Tangerang jamin keamanan jaringan internet di TPS

"Saya memberikan atensi khusus kepada Pol PP. Laksanakan deteksi dini kerawanan Pemilu serentak 2024 yang berpotensi menyebabkan gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat khususnya pada hari-H pelaksanaan pemungutan suara, perhitungan suara serta rekapitulasi suara," katanya.

Ia juga meminta kepada para personil yang bertugas untuk intens berkomunikasi, berkoordinasi dan berkolaborasi dengan seluruh elemen terkait seperti TNI, Polri, Dishub, Satlinmas maupun unsur penyelenggara pemilu lainnya. 

"Selamat bertugas. Junjung tinggi netralitas dalam menjalankan tugas, laksanakan tugas dengan penuh rasa tanggung jawab dan tetap jaga keselamatan serta kesehatan dalam menjalankan tugas yang mulia ini," pungkas Andi Ony.

Baca juga: BPBD Serang siagakan Tim Reaksi Cepat di dapil rawan banjir

Pewarta: Azmi Syamsul Ma'arif

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024