Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) Kementerian Keuangan mengumumkan jika program grant riset sawit telah dibuka untuk menjaring usulan dari Lembaga Litbang seluruh Indonesia

Plt. Direktur Penyaluran Dana Zaid Burhan Ibrahim dalam keterangan yang diterima media menyampaikan pentingnya dukungan riset untuk keberlanjutan industri sawit. 

Ia menambahkan program Penelitian dan Pengembangan Sawit merupakan salah satu upaya BPDPKS untuk melakukan penguatan, pengembangan dan peningkatan pemberdayaan perkebunan dan industri sawit yang saling bersinergi di sektor hulu dan hilir, demi terwujudnya industri sawit nasional yang tangguh dan berkelanjutan. 

"Selama berjalannya program penelitian dan pengembangan dari tahun 2015 hingga saat ini, terdapat 329 kontrak perjanjian kerja sama dengan 88 lembaga litbang yang melibatkan 1.202 orang peneliti dan  telah menghasilkan 50 paten dan 243 publikasi," kata Zaid Burhan Ibrahim.

Sebelumnya BPDKS mengadakan webinar “Call for Proposal Grant Riset Sawit 2024” yang diikuti 1.611 peserta dari seluruh wilayah di Indonesia terutama dari universitas dan perguruan tinggi. Kegiatan itu bertujuan sebagai sarana penyebaran informasi bahwa Program Grant Riset Sawit telah dibuka selama tiga bulan sampai 17 Maret 2024.

Baca juga: Anggota DPR-RI dukung masyarakat Banten buka lahan kelapa sawit

Prof (Ris) Didiek Hadjar Goenadi menambahkan kemajuan riset dan pengembangan di Indonesia memerlukan support sistem yang baik sehingga hasil riset dapat melewati the valley of death misalnya dengan bantuan riset pasar (market research) untuk mendapatkan feedback dari pengguna atau calon pengguna. 

Oleh karena itu, riset-riset yang didukung oleh BPDPKS adalah sebuah applied research yang sebelumnya telah memiliki proof of concept. 

“Selain aspek ilmiah dari kegiatan riset tersebut, juga mengedepankan aspek manfaat bagi para pelaku industri kelapa sawit nasional termasuk rekomendasi kebijakan kepada pemerintah yang based on research”, imbuhnya.

Arfie Thahar selaku Kepala Divisi Program Pelayanan BPDPKS menyampaikan bahwa BPDPKS telah mengumumkan pembukaan Program Grant Riset Sawit 2024 di laman website resmi BPDPKS (https://www.bpdp.or.id/pengumuman-call-for-proposal-grant-riset-sawit-grs-2024). 

Ia mengatakan penyeleksian proposal dilakukan melalui tiga tahap yaitu seleksi administrasi, seleksi substandi dan seleksi presentasi. Adapun dalam proses penyeleksian ini BPDPKS dibantu oleh Komite Litbang yang bertugas memberikan rekomendasi riset-riset yang akan didanai oleh BPDPKS. 

"BPDPKS mengedepankan aspek manfaat berlandaskan hasil ilmiah agar para pemangku kepentingan sawit di berbagai sektor dapat memanfaatkan hasil riset program ini," katanya.

Baca juga: BPDPKS undang kalangan mahasiswa bikin proporsal sawit

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024