Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Banten, Dodot Adikoeswanto menyebut Tim Pengawasan Orang Asing (Timpora) memiliki posisi yang strategis dalam perannya menjaga keamanan dan kesuksesan Pemilu 2024 dari gangguan atas keberadaan dan kegiatan orang asing.

Salah satunya, keberadaan dan kegiatan Orang Asing yang melakukan kegiatan jurnalistik, NGO Asing dan Observer Pemilu 2024 serta Orang Asing yang memiliki bukti Kependudukan yang diperoleh secara tidak sah, sehingga berpotensi mengganggu kelancaran dan keamanan Pemilu 2024.

"Oleh karenanya, perlu dilaksanakan peningkatan komunikasi, sinergitas, dan koordinasi antar anggota Timpora Banten berupa pertukaran informasi maupun tindakan nyata lainnya dalam rangka antisipasi gangguan berlangsungnya Pemilu", kata Dodot Adikoeswanto di Cilegon, Kamis.

Baca juga: Kemenkumham Banten minta MPDN berperan aktif selesaikan laporan masyarakat

Dodot memaparkan, berdasarkan data, di wilayah Provinsi Banten saat ini terdapat sebanyak 37.940 Orang Asing yang izin tinggalnya terbagi atas Izin Tinggal Kunjungan, Izin Tinggal Terbatas dan Izin Tinggal Tetap.

"Ini harus menjadi perhatian bersama bagi stakeholder/instansi terkait agar tidak berdampak terhadap berlangsungnya Pemilu. Meskipun, saat ini tidak terdapat gejala hambatan namun potensi gangguan itu akan tetap ada", ucapnya.

Lanjut Dodot, hal itu dapat diwujudkan melalui sinergi, kolaborasi dan komunikasi yang harmoni dengan menghilangkan ego sectoral masing-masing Lembaga.

"Caranya, melalui tukar informasi keberadaan Orang Asing dan melakukan penindakan terhadap Orang Asing sesuai dengan tugas dan fungsinya masing-masing," Dodot menambahkan.

Kembali menegaskan, Mantan Direktur TI dan Kerja Sama Ditjenpas itu berujar jika keberhasilan melaksanakan tugas pengawasan Orang Asing memerlukan dukungan dari berbagai institusi untuk bekerja bersama-sama dalam rangka penegakan yuridiksi negara.

"Bersama kita sukseskan Pemilu 2024 demi terpilihnya Putra/Putri terbaik Bangsa yang akan memimpin Negara kita ke depan", pungkas Dodot Adikoeswanto.

Baca juga: Hari Bhakti, Pj Gubernur Banten ajak Imigrasi jadi penghubung investasi.

Pewarta: Mulyana

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024