Pandeglang  (Antara News) - Pemerintah Kabupaten Pandeglang Provinsi Banten mendorong masyarakat yang tinggal di pedesaan  mandiri sehingga kehidupannya bisa lebih sejahtera.

"Berbagai program sudah, sedang dan akan kita laksanakan guna mewujudkan masyarakat mandiri dan sejahtera itu," kata  Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Taufik Hidayat di Pandeglang, Selasa.

Salah satu program yang dilaksanakan adalah dengan pembentukan   Badan Usaha Miliki Desa (BUMDes).

"Kita memiliki 326 desa dan ditargetkan seluruhnya memiliki BUMDes guna mendukung kemandirian masyarakat di desa," ujarnya.

Menurut dia, seluruh kepala desa sudah diinstruksikan agar membentuk BUMDes, bahkan diharapkan sudah bisa direalisasikan 2017.

"Harapannya tahun ini seluruh desa telah membentuk BUMDes, kalau belum bisa diharapkan 2018 sudah ada realisasi," ujarnya.

Pembentukan BUMDes bisa dibiayai dari  bantuan Anggaran Dana Desa (ADD). BUMDes diharapkan menjadi salah satu solusi menekan angka pengangguran sehingga seluruh desa diminta segera membentuk badan usaha itu.

"Kita berharap pembentukan BUMDes juga menjadi salah satu solusi mengurangi pengangguran di Pandeglang," ujarnya.

Berdasarkan data dari Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Pandeglang, jumlah pengangguran di daerah itu berkurang dari sebelumnya 57 ribu jiwa atau 12,34 persen dari jumlah penduduk menjadi hanya 50 ribu jiwa (10,22 persen).

Meski terjadi penurunan, namun jumlah pengangguran di daerah itu masih cukup tinggi itu karena tingkat penyerapan tenaga kerja relatif rendah yakni hanya 26,27 persen.

Pewarta: Sambas

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2017