Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan cuaca wilayah Banten dan sekitarnya berpotensi hujan angin kencang disertai petir dan kilat mulai berlaku 16-17 Januari 2024.
 
Koordinator Bidang Data dan Informasi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Stasiun Meteorologi Maritim Kelas I Serang, Tatang, Selasa di Serang, mengatakan cuaca di wilayah Banten dan sekitarnya berpotensi hujan angin disertai petir dan kilat dengan suhu udara rata-rata 23-33 derajat Celsius.
 
Selain itu juga tingkat kelembaban udara 60-95 persen dan angin bergerak dari arah barat daya hingga barat laut 05-30 kilometer/jam.
 
Dengan demikian, BMKG mengeluarkan peringatan dini kewaspadaan hujan lebat dan angin kencang disertai petir di Kabupaten Lebak, Kabupaten Pandeglang, Kabupaten Serang, Kota Serang, Kota Tangerang Selatan, Kabupaten Tangerang, Kota Cilegon dan Kota Tangerang.

Baca juga: Hari ini, hujan ringan-sedang diprakirakan guyur mayoritas kota besar
 
Begitu juga pada pagi dan siang hari dilanda hujan intensitas ringan dan sedang di wilayah Banten dan sekitarnya.
 
BMKG juga mengeluarkan peringatan dini dan kewaspadaan terhadap keselamatan pelaku pelayaran, khususnya perahu nelayan dan kapal tongkang yang melintasi perairan selatan Banten, Selat Sunda bagian selatan, dan Samudera Hindia, dengan tinggi gelombang 1,25 sampai 2,50 meter di pesisir Kabupaten Lebak dan Pandeglang.
 
Sementara itu penyeberangan Pelabuhan Merak (Banten)- Bakauheni (Lampung), kata dia, untuk hari ini relatif normal dan aman dengan tinggi gelombang 1,25 meter (rendah).

Baca juga: BPBD Tangerang imbau warga lapor jika temukan buaya di kali

Pewarta: Mansyur suryana

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024