Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Al-Khairiyah (Unival) melalui matakuliah Kewirausahaan dan UMKM melakukan kerjasama dengan Pusat Inkubator Wirausaha dan  Klinik UMKM (PIWKU) Inkubator Bisnis tentang Pelatihan dan Pendampingan Kewirausahaan.

Dekan FEB Unival Mahfudoh di Cilegon Rabu, mengatakan kerja sama tersebut merupakan perwujudan sinergisitas Pentahelix antara dunia Pendidikan, Industri, masyarakat, Pemerintah dan media.

Mahfudoh menjelaskan, rangkaian kegiatan dilakukan dengan materi perkuliahan melalui praktisi mengajar yang diisi oleh Laura Irawati sebagai Dosen Pengampu matakuliah Kewirausahaan sekaligus Direktur PIWKU, Visit Study ke workshop Surga Kaos, Seminar kewirausahaan dan pelatihan hingga pembuatan NIB dan pendaftaran pelaku Usaha melalui sistem OSS. Kegiatan tersebut juga disuport oleh Pemerintah Kota Cilegon melalui Dinas Koperasi dan UMKM.

"Dengan penyerahan dokumen NIB dan registrasi melalui sistem OSS ini merupakan langkah awal proses legalitas pelaku usaha bagi mahasiswa FEB, selanjutnya mahasiswa dapat mengikuti program MBKM Kewirausahaan jika lolos dapat dikonversi 20 SKS atau 1 semester tanpa kuliah. 

"Selain itu dapat dijadikan golden tiket bagi mahasiswa untuk lulus kuliah tanpa skripsi bagi mereka yang dapat mewujudkan usaha/business plan mereka sesuai ketentuan yang berlaku," katanya.

Baca juga: Ketum PB Al Khairiyah: jadikan momen maulid nikmat dalam belajar

Pada kesempatan tersebut juga dilakukan penyerahan dokumen NIB OSS yang turut dihadiri  Rektor Unival, Dekan FEB Mahfudoh, Rino Istarno Kabiro Humas, serta 79 mahasiswa yang mendapatkan NIB OSS dilaksanakan di gedung rektorat Unival Al-Khairiyah.

Laura Irawati dosen praktisi sekaligus Direktur PIWKU memaparkan, dalam penumbuhkembangan para pelaku usaha yang menjadi agenda prioritas Pemerintah Kota Cilegon yang sejalan dengan Program Wirausaha Baru yang dilaksanakan melalui Dinas UMK Koperasi Kota Cilegon serta Kerjasama Pendampingan Entrepreneur yang dilaksanakan oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Al-Khairiyah Bersama PIWKU Inkubator Bisnis melalui Program Praktisi Mengajar.

"Pada program Pemerintah Kota Cilegon, ada 79 mahasiswa unival yang menerima dokumen NIB OSS, ini menjadi kebanggaan kita karena 79 mahasiswa unival tersebut pertama kali yang mendapat NIB di Kota Cilegon," ujarnya.

Baca juga: Gema Al Khairiyah berikan lima pernyataan terkait masyarakat Rempang
 

Pewarta: Lukman Hakim

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024