Pembangunan Bendungan Karian di Kabupaten Lebak, Banten dapat membawa peningkatan pendapatan ekonomi masyarakat setempat sehingga mampu mensejahterakan kehidupan mereka.
 
"Kami meyakini kehadiran Waduk Karian itu berdampak positif terhadap ekonomi warga setempat," kata Direktur Jenderal Sumber Daya Air Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Bob Arthur Lombogia saat menunggu peresmian Presiden Joko Widodo di Lebak, Senin.
 
PUPR komitmen untuk meningkatkan ekonomi masyarakat setempat dengan membangun area "multiplier effect" di kawasan Waduk Karian.

Baca juga: Kunjungan Presiden Jokowi ke Waduk Karian bawa berkah bagi pedagang kecil
 
Mereka masyarakat bisa melakukan kegiatan ekonomi dengan membuka aneka usaha berjualan juga hasil kerajinan usaha micro kecil dan menengah (UMKM).
 
Sebab, pembangunan Waduk Karian, selain untuk pendistribusian air baku juga peningkatan ekonomi warga setempat .
 
Selain itu juga akan menjadi kawasan wisata karena memiliki daya tarik yang bisa mendapatkan kunjungan dari berbagai daerah.
 
"Saya kira Waduk Karian itu memberikan dampak secara langsung bagi peningkatan ekonomi warga setempat," kata Bob.

Baca juga: Warga mulai menikmati keberadaan Bendungan Karian Lebak
 
Sementara itu,Asisten Daerah (Asda - I) Sekertariat Pemerintah Kabupaten Lebak Alkadri mengatakan Bendungan Karian dapat menumbuhkan sektor pariwisata sehingga mendongkrak pendapatan ekonomi daerah dan masyarakat setempat.
 
Bendungan Karian yang dibangun tahun 2015 dengan menenggelamkan sebanyak 12 desa di empat kecamatan antara lain Rangkasbitung, Maja, Sajira dan Cimarga dipastikan berdampak positif terhadap perekonomian masyarakat.
 
Pembangunan Karian bisa menjadikan wisatawan sehingga masyarakat yang tergusur proyek nasional yang kebanyakan sebagai buruh tani, pekerja urban hingga pekerja migran bisa berjualan hingga penjaga parkir kendaraan dan keamanan.
 
Disamping itu, mereka bisa melahirkan klaster-klaster ekonomi masyarakat, seperti tumbuhnya warung-warungan, rumah makan dan kerajinan produk UMKM.
 
"Kami menilai keberadaan Waduk Karian bisa menjadi kekuatan ekonomi baru bagi masyarakat setempat," kata Alkadri.

Baca juga: Pemkab Lebak targetkan angka tanam 3.743 ha pada Januari 2024

Pewarta: Mansyur suryana

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024