Polda Banten bersama Pertamina melakukan pemantauan sejumlah stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) di wilayah Tangerang hingga Cilegon guna mastikan bahan bakar minyak (BBM) tersedia dalam jumlah cukup terutama jenis solar.
 
"Hari ini kami dari Polda Banten bersama Pertamina melakukan pengecekan pendistribusian solar dan antrean di SPBU untuk kelancaran Natal dan tahun baru," kata Dirreskrimsus Polda Banten Kombes Pol Dedi Supriyadi di Serang, Banten, Jumat.
 
Ia mengatakan berdasarkan informasi dari Sales Area Manager Retail PT. Pertamina (Persero) untuk kuota BBM untuk provinsi Banten sebanyak 2.400 kiloliter (kl). Pertamina sudah mengirimkan BBM sebanyak 2.600 kl.

Baca juga: Pertamina pantau persediaan BBM di SPBU Tol Tangerang-Merak
 
Dedi mengatakan dari koordinasi tersebut, stok BBM untuk Provinsi Banten sudah mencukupi. Pihak Pertamina juga sudah siap mendukung kelancaran pergerakan masyarakat di momen Natal dan tahun baru.
 
“Kami dari Polda Banten sendiri siap membantu dalam mengawal jalur pendistribusian BBM,” katanya.
 
Dedi mengungkapkan, pihaknya tidak segan-segan melakukan penindakan terhadap para pelaku kejahatan penyalahgunaan BBM. Untuk itu, ia meminta kepada masyarakat untuk ikut serta dalam mengawasi pemakaian BBM.
 
"Kami dari Polda Banten siap membantu dalam mengawal jalur pendistribusian BBM, jika terdapat informasi penyalahgunaan BBM subsidi dapat melapor kepada kami. Informasi sekecil apapun akan kami tindak lanjuti dan masyarakat yang memberikan informasi identitasnya akan kami jaga," katanya.

Baca juga: Di Serang, delapan pos pengaman disiapkan hadapi Natal dan tahun baru
 
Sementara itu, Sales Area Manager Retail PT Pertamina (Persero) Banten Sindhu Priyo Windoko mengatakan untuk jumlah kendaraan saat ini ada 53 unit, dan akan ditambah menjadi 70 unit. "Sementara baru ada tambahan 10 unit," ujar.
 
Sindhu mengatakan terkait panjangnya antrean kendaraan di SPBU disebabkan karena peningkatan konsumsi BBM dibanding hari normal.
 
"Sehingga banyak volume truk yang mengantre di SPBU. Kita sudah melakukan antisipasi dengan penambahan kuota dan armada," kata Sindhu.
 
Ia menyatakan bahwa Pertamina sudah siap mendukung kelancaran operasi pengamanan Natal dan tahun baru.

Baca juga: Kabasarnas pantau angkutan Natal-tahun baru di Merak

Pewarta: Desi Purnama Sari

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023