Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten meraih penghargaan peduli hak asasi manusia (HAM) dalam membina dan membangun sebagian besar atau seluruh Kabupaten/Kota peduli HAM 2022.

Pejabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar, dalam keterangannya di Serang, Banten, Senin, mengatakan, penghargaan tersebut diberikan oleh Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia Yasonna Laoly pada Peringatan Hari HAM se-Dunia ke-75 di Lapangan Banteng Jakarta, Minggu (10/12).

"Kita mendapatkan penghargaan yang artinya itu adalah atas kinerja kita bersama," katanya.
 
Menurut Al, HAM adalah rangkaian yang semuanya mengutamakan dan menjunjung tinggi kesetaraan serta keadilan bersama.

Baca juga: Kanwil Kemenkumham Banten dukung Tusi BSK Hukum dan HAM
 
Selain itu, kata Al, cakupan parameter penghargaan peduli HAM sangat luas. Pada akses ekonomi terkait dengan keadilan, kepastian hukum, serta ruang-ruang bersama yang tersedia di Provinsi Banten.
 
"Penghargaan ini adalah prestasi yang menjadi bagian dari langkah-langkah yang harus kita perjuangkan dan tingkatkan," katanya.
 
Sementara itu, Kepala Kanwil Kemenkumham Provinsi Banten Dodot Adikoeswanto, mengatakan, parameter penghargaan cukup luas dengan 120 indikator yang dijadikan penilaian.
 
"Diantaranya terkait dengan keadilan, anak, dan hal-hal lain yang memang bersangkut paut dengan hak asasi manusia," katanya.
 
Selain Pemprov Banten, penghargaan juga diraih oleh Kantor Wilayah Kemenkumham Provinsi Banten. Selanjutnya juga akan dilanjutkan dengan penghargaan ke Kabupaten/Kota se Provinsi Banten.

Baca juga: Imigrasi Tangerang raih penghargaan pelayanan berbasis HAM

Pewarta: Desi Purnama Sari

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023