Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Tangerang, Banten, berkolaborasi dengan Cyber Security Independent Resilient Team of Indonesia (CSIRT.ID) menggelar pelatihan cyber security awareness untuk pegawai pranata komputer dalam meningkatkan keamanan sistem jaringan, aplikasi perangkat lunak dan data dari potensi kejahatan digital.

"Pelatihan ini dalam meningkatkan kesadaran para pegawai pranata komputer untuk lebih mengoptimalkan tindakan-tindakan preventif dalam mencegah ancaman siber yang marak terjadi," kata Kepala Diskominfo Kota Tangerang Indri Astuti, di Tangerang, Jumat.

Indri menambahkan pelatihan tersebut merupakan langkah strategis untuk lebih mengoptimalkan tindakan preventif dalam mencegah ancaman siber yang marak terjadi.

"Ancaman keamanan siber dan digital di Indonesia termasuk dalam kategori tinggi atau sangat mengkhawatirkan,” ujarnya.

Baca juga: Pembangunan alun-alun di Kota Tangerang dorong pertumbuhan UMKM

Deputi Operation CSIRT.ID Muhammad Salahudin menambahkan pelatihan cyber security awareness ini berfokus untuk meningkatkan kesadaran keamanan siber di lingkup personal atau individu.

Misalnya saja membatasi akses pengguna, menggunakan autentikasi bervariasi, menggunakan kombinasi kata sandi yang rumit, menggunakan teknologi cloud computing, menghindari surat elektronik spam, memasang firewall dan lainnya

“Saat ini, masalah ancaman siber dan digital terus berkembang, sehingga sistem proteksi keamanan harus kita pelajari dan tingkatkan terus menerus. Oleh karena itu, pelatihan seperti ini sangat penting untuk mendorong agar celah-celah ancaman tersebut dapat tertutup,” katanya.

Pelatihan cyber security awareness ini diharapkan mampu meningkatkan kesadaran personal para pegawai pranata komputer untuk meningkatkan langkah-langkah proteksinya masing-masing dengan mencegah adanya kejahatan siber dan digital.

"Perlu langkah diambil agar kejahatan siber tak masuk ke lingkup Pemerintah Kota Tangerang," katanya.

Baca juga: Integritas disebut penting untuk perangi praktik korupsi
Baca juga: ASN Pemkab Serang dituntut tingkatkan kapabilitas di era digital

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023