Perusahaan daerah air minum, Perumdam Tirta Berkah Kabupaten Pandeglang terus berupaya meningkatkan pelayanan kepada para pelanggan, baik dari ketersediaan air bersih, distribusi, produksi maupun kebersihan.

Direktur Utama Perumdam Tirta Berkah Pandeglang, Euis Yuningsih melalui Kepala Bagian Perencanaan, Muchsinin mengatakan, pihaknya terus melakukan peningkatan layanan kepada para pelanggan yang terus bertambah di 2023.

Menurutnya, saat ini Perumda Air Minum Tirta Berkah memiliki 22.072 pelanggan. Jumlah tersebut belum termasuk daftar tunggu pemohonan sambungan baru yang tercatat sekitar 25 sambung. Kedepannya tentu diharapkan jumlah pelanggan terus meningkat setiap tahunya.

“Selama tahun 2023 tentunya sudah banyak yang dilakukan oleh Perumdam Tirta berkah, dalam hal peningkatan pelayanan, kepada pelanggan,” katanya.

Baca juga: Perumda Tirta Benteng Tangerang sudah layani 98.000 sambungan air bersih

Dikatakan Muchsinin, sebanyak 2 bidang utama menjadi fokus pelayanan di 2023 yakni bidang produksi dengan optimalisasi peningkatan pengaliran, yang menjadi pusat sumber mata air yang dikelola oleh perumdam yakni mulai dari kawasan Karang Tanjung, hingga Kecamatan Sumur. 

Kemudian di Bidang Distribusi, Perumdam Tirta Berkah Pandeglang terus mendukung optimalisasi distribusi air dengan peningkatan kapasitas pompa, yang semula 18,5 Kw, menjadi 22 Kw. Sementara untuk di wilayah yang kritis, pihaknya akan membuat sumur bor.

Kemudian keberadaan program sistem penyediaan air minum, SPAM Tanjung lesung yang sudah diserahkan kepada pemerintah daerah melalui Perumdam Tirta Berkah Pandeglang juga membawa dampak pada meningkatnya layanan terhadap pelanggan, Sehingga mampu mendukung optimalisasi kebutuhan air baku, terutama di daerah selatan Pandeglang.

“SPAM Tanjung lesung telah diserahkan kepada pemerintah daerah melalui Perumdam Tirta Berkah pada Juni lalu. Dengan diserahkannya SPAM Tanjung Lesung ini dapat meningkatkan pendistribusian air bagi pelanggan khususnya di Pandeglang bagian selatan,” terangnya.

Baca juga: BPKD Kota Tangerang berhasil sertifikasi hak pakai 1.730 aset

Ia menyebut, Setidaknya ada 1022 pelanggan yang kini di handle oleh program SPAM Tanjung Lesung di daerah Panimbang dan sekitarnya. Sehingga hal ini juga berdampak pada penambahan waktu pengaliran.

“Sejak adanya program SPAM Tanjung Lesung, tekan air di wilayah Pandeglang bagian selatan semakin meningkat. Sehingga dengan adanya peningkatan kapasitas air, bisa mencukupi kebutuhan pengaliran air di masyarakat. Misalnya Semula beberapa wilayah pengaliran hanya 4 sampai 6 jam, dengan sistem penjadwalan, kini Perumdam siap mengaliri 24 jam nonstop,” ditegaskannya.

Tidak sampai situ, untuk terus mengoptimalkan pelayanan terhadap pelanggan di 2024 mendatang Perumdam Tirta Berkah Pandeglang juga telah mendapatkan bantuan program percepatan penyediaan air minum perkotaan dari pemerintah pusat.

“Kita juga mengusulkan tahun 2024, dalam rangka program percepatan penyediaan air minum perkotaan,” katanya.

Ditargetkan dengan adanya program tersebut pada 2024 mendatang pihaknya memasang 2.400 sambungan baru. (Adv)

Baca juga: Kualitas air baku turun, PDAM lakukan dua kali penyaringan

Pewarta: Muyana

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023