Dinas Ketenagakerjaan Kota Tangerang mengembangkan aplikasi Tangerang Sedia Lowongan Kerja (Tas Loker) yang digunakan para pencari dan pemberi kerja menyesuaikan dengan kualifikasi yang dibutuhkan masing-masing sebagai upaya menurunkan angka pengangguran

"Nanti, para pencari kerja dapat menyesuaikan lowongan mana yang sesuai dengan ketrampilannya, dan pemberi kerja juga menyesuaikan mana pencari kerja yang sesuai dengan kualifikasi," kata Kepala Bidang Penempatan Kerja dan Perluasan Kesempatan Kerja, Sony Maulana di Tangerang Kamis.

Ia mengatakan aplikasi ini menjadi salah satu upaya Pemkot Tangerang dalam menurunkan angka pengangguran di Kota Tangerang.

Baca juga: Dinkes Tangerang integrasikan layanan berhenti merokok dengan faskes

Diharapkan, dengan hadirnya aplikasi Tas Kerja dapat dimanfaatkan oleh seluruh para pencari kerja di Kota Tangerang. Sehingga, angka pengangguran di Kota Tangerang dapat terus menurun.

"Aplikasi Tas Kerja tersebut tersedia di super apps Tangerang LIVE yang dapat diunduh secara gratis di Play Store dan App Store. Silakan untuk dimanfaatkan agar angka pengangguran di Kota Tangerang terus berkurang. Mudah-mudahan, bermanfaat bagi seluruh masyarakat Kota Tangerang," ujarnya.

Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Kota Tangerang Banten menyebutkan hingga 11 Oktober 2023, virtual job fair telah menyerap tenaga kerja sebanyak 18.944 orang.

Baca juga: BPBD Kota Tangerang siapkan tim 24 jam respons pohon tumbang

"Dari 18,944 orang yang sudah bekerja, rinciannya 17.609 warga Kota Tangerang dan 1.335 warga luar Kota Tangerang," kata Kepala Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker), Ujang Hendra Gunawan.

Selain itu, Pemkot juga telah mendorong beberapa perusahaan untuk memberikan peluang kepada tenaga kerja penyandang disabilitas (tuna rungu), serta pelaksanaan Virtual Job Fair.

“Sudah ada masyarakat kita yang difabel ditempatkan di perusahaan ritel Almafart. Jadi, masyarakat yang berkebutuhan khusus atau disabilitas yang membutuhkan pekerjaan dapat menggunakan aplikasi Tangerang Live,” katanya

Baca juga: DKP Tangerang beri edukasi rawat bonsai kepada ratusan pelajar

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023