PT PLN (Persero) berkomitmen untuk turut serta dalam melestarikan alam dan menyelamatkan lingkungan hidup. Hal tersebut diwujudkan dengan pelaksanaan penanaman pohon dalam rangka memperingati Hari Menanam Pohon Indonesia yang jatuh pada 28 November 2023. 

Untuk PLN UID Banten sendiri, kegiatan menanam pohon dilaksanakan di 13 titik lokasi yang tersebar di wilayah kerja PLN UID Banten yakni di Kota Tangerang, Kota Tangerang Selatan, Kabupaten Tangerang, Kabupaten Lebak, Kabupaten Pandeglang, Kota Serang dan Kabupaten Serang. 

Adapun bibit pohon yang ditanam merupakan jenis pohon produktif sehingga tidak hanya menghijaukan lingkungan tetapi ke depannya juga dapat dikonsumsi ataupun diolah. 

Baca juga: Wali Kota Tangerang ajak masyarakat bijak gunakan listrik

Kegiatan penanaman pohon di wilayah Tangerang dihadiri langsung Walikota Tangerang, Arief Rachadiono Wismansyah, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Tangerang, Tihar Sophian, serta Kepala Bidang Penataan dan Peningkatan Kapasitas Lingkungan Hidup Dinas Lingkungan Hidup Kota Tangerang, Hendri Pratama Syahputra.

Walikota Tangerang, Arief Rachadiono Wismansyah dalam sambutannya mengapresiasi kepedulian PLN dalam memperhatikan lingkungan sekitar khususnya terhadap pelestarian lingkungan di kota Tangerang. 

“Kami sangat mengapresiasi langkah PLN yang turut peduli terhadap kelestarian lingkungan. Kita semua memiliki tanggung jawab yang sama untuk melibatkan diri dalam upaya menjaga lingkungan. Dengan adanya penanaman pohon produktif ini akan sangat bagus untuk menjaga kualitas udara, karena pohon tidak hanya menyediakan oksigen tapi juga bisa menyerap karbondioksida yang berfungsi meredam dampak perubahan iklim,” kata Arief.

Baca juga: PLN Banten gelar pelatihan konversi motor listrik, dukung transisi energi

Program penanaman pohon ini selaras dengan salah satu aspirasi program transformasi PLN, yaitu "Green" yang memiliki visi untuk melindungi generasi masa depan dengan menjaga lingkungan. Di samping itu, untuk meningkatkan kesadaran dan kepedulian masyarakat agar ikut menjaga lingkungan. 

"Penanaman pohon ini merupakan komitmen PLN dalam mendukung tercapainya "net zero emission" di tahun 2060. Sebanyak 150 pohon produktif ditanam serentak di wilayah kerja PLN UID Banten merupakan aksi nyata dan tindakan sederhana ini, menanam pohon tidak hanya untuk kita tapi juga menjaga kelestarian lingkungan yang lebih sehat, sehingga dapat menjadi keberlangsungan hidup anak dan cucu kita ke depan", kata Abdul Mukhlis.

Lebih lanjut Abdul Mukhlis menjelaskan, program ini merupakan bagian PLN dalam mewujudkan "Sustainable Development Goals" (SDGs) atau tujuan pembangunan berkelanjutan khususnya dalam mengurangi emisi atau karbon, melalui kolaborasi Program Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (TJSL) untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat. 

Baca juga: PLN Journalist Award kembali hadir! Ikut Yuk...

Pewarta: Mulyana

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023