PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Banten melalui Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Banten Selatan mengadakan pelatihan konversi motor bahan bakar minyak (BBM) menjadi motor listrik.

Pelatihan yang di gelar di halaman kantor PLN UP3 Banten Selatan, Senin ini menggandeng PT Percik Daya Nusantara dan Komunitas Ikatan Motor Lebak.

Kegiatan yang berlangsung berkat dukungan Dinas ESDM (Energi dan Sumber Daya Mineral) Provinsi Banten ini bertujuan untuk mendukung percepatan ekosistem kendaraan listrik di Provinsi Banten.

Hadir dalam kesempatan tersebut Manager PLN UP3 Banten Selatan Zulhamdi, CEO PT Percik Daya Nusantara Putu Yindi Kurniawan, Perwakilan Dinas ESDM Provinsi Banten Maulana, Ketua Ikatan Motor Lebak Deden, Ketua Elektrik Motor Lebak Yudi, dan para peserta pelatihan ini.

Baca juga: PLN Banten gelar pelatihan membatik dan menjahit

Perwakilan Dinas ESDM Provinsi Banten Maulana dalam sambutannya mengapresiasi langkah PLN yang gencar mensosialisasikan konversi kendaraan BBM menjadi kendaraan listrik. Melalui kegiatan ini, ia berharap dapat memberikan efek positif untuk pemerintah Provinsi Banten.

”Saya mengapresiasi pelatihan ini, karena merupakan yang pertama di Kabupaten Lebak. Kami atas nama Pemerintah Provinsi juga berharap semoga kedepannya kegiatan ini bisa membantu pemerintah dalam mengurasi gas emisi karbon mengingat saat ini mulai tumbuh kepedulian masyarakat akan kendaraan yang ramah lingkungan,” ujar Maulana dalam keterangan resminya.

Sedangkan Manager PLN UP3 Banten Selatan Zulhamdi, menambahkan bahwa, PLN selalu berkomitmen dalam memberikan pelayanan terbaik untuk para pelanggan. Ia juga mengungkapkan bahwa kegiatan ini dapat terselenggara atas kolaborasi berbagai pihak. 

”Kami PLN UP3 Banten Selatan berkomitmen untuk terus meningkatkan layanan masyarakat khususnya di Kabupaten Banten Selatan yang meliputi Kabupaten Lebak dan Pandeglang. Dengan pelatihan ini nantinya diharapkan semakin banyak pengguna motor listrik,” terang Zulhamdi.

Baca juga: PLN Banten gelar pelatihan membatik dan menjahit

General Manager PLN UID Banten Abdul Mukhlis menjelaskan bahwa kegiatan serupa juga akan digencarkan di seluruh wilayah di Provinsi Banten, mengingat animo yang tinggi dari para masyarakat yang semakin peduli akan energi hijau. 

”Kedepannya kegiatan serupa juga akan kami selenggarakan di seluruh Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) di wilayah Provinsi Banten. Selain karena animo masyarakat yang besar, kegiatan serupa juga berpotensi dapat membuka lapangan kerja baru khususnya bagi para pelaku usaha jasa konversi kendaraan BBM ke kendaraan listrik. Saya juga berharap ini menjadi langkah awal, dalam percepatan transisi energi sebagaimana program pemerintah yakni Net Zero Emission di tahun 2060,” pungkas Abdul Mukhlis.

Baca juga: Bisa produksi "Green Hydrogen" cepat, begini inovasi yang dilakukan PLN

Pewarta: Mulyana

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023