Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) APBD 2024 Kota Tangerang yang di dalamnya terdapat target pendapatan asli daerah atau PAD sebesar Rp4,74 triliun disetujui Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) setempat.

Wali Kota Tangerang, Arief R. Wismansyah di Tangerang Jumat mengatakan pendapatan APBD 2024 mengalami kenaikan sebesar Rp190 miliar atau 4,17 persen setelah dilakukan pembahasan.

Adapun rencana belanja daerah APBD 2024 disepakati sebesar Rp5,38 triliun lebih. Bila dibandingkan dengan rencana awal sebesar Rp5,25 Triliun. 

"Sementara defisit Rp510 miliar ditutup dari APBD 2023,” kata Wali Kota Arief  dalam Rapat Paripurna DPRD Kota Tangerang di Pusat pemerintahan Kota Tangerang.

Baca juga: Pemkot Tangerang targetkan pendapatan dalam RAPBD 2024 Rp4,74 triliun.

Wali Kota mengatakan Raperda tentang APBD 2024 telah sejalan dengan prioritas Pemkot Tangerang diantaranya, pemantapan perekonomian daerah, pemantapan kualitas sumber daya manusia.

Kemudian pemantapan kualitas infrastruktur, peningkatan kualitas lingkungan hidup serta pemantapan layanan publik didukung aparatur yang berkompeten.

Raperda APBD 2024 Kota Tangerang juga telah selaras dengan arah kebijakan pemerintah pusat tahun 2024 yaitu penghapusan kemiskinan ekstrim, penurunan stunting, pengendalian inflasi, dan peningkatan investasi dan kemudahan berusaha.

"Jadi penyusunan juga diselaraskan dengan kebijakan pemerintah pusat di tahun mendatang terutama penghapusan kemiskinan ekstrem," katanya.
 
Selain Raperda APBD 2024, DPRD juga mengesahkan Raperda Pendidikan Pancasila dan Wawasan dan Kebangsaan dan Raperda Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Badan Usaha (TJSL).  

"Kedua Raperda tersebut juga memiliki peran penting untuk kemajuan dan perkembangan Kota Tangerang," pungkas Arief R. Wismansyah.

Baca juga: Pendapatan daerah Kota Tangerang di APBD perubahan Rp4,49 triliun

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023