Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tangerang menggencarkan layanan jemput bola ke sekolah - sekolah terkait perekaman biometrik untuk e-KTP bagi pelajar berusia 17 tahun jelang Pemilu 2024.

"Kami mendorong perekaman e-KTP ini agar para pelajar tidak kehilangan haknya menjadi pemilih untuk pertama kalinya," kata Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Tangerang yakni Irman Pujahendra di Tangerang Jumat.

Selain itu, lanjut Irman, kegiatan ini juga untuk memberikan kemudahan kepada usia pemula dalam memiliki identitas kependudukan apalagi jelang Pemilu 2024.

Baca juga: Ketua DPRD Banten ajak masyarakat sambut Pemilu 2024 dengan gembira

Apalagi saat ini KPU Kota Tangerang juga sedang gencarkan melakukan sosialisasi kepada semua lapisan masyarakat termasuk pelajar mengenai penggunaan hak pilihnya nanti.

"Maka itu jangan sampai sosialisasi yang dilakukan KPU, tak diimbangi dengan identitas kependudukan yang dimiliki. Maka kami hadir memberikan pelayanan," katanya,

Dengan layanan goes to school ini, tentunya percepatan perekaman e-KTP menjadi langkah efektif untuk mengakomodasi para pemilih pemula. Sehingga, para siswa tidak perlu meninggalkan sekolah untuk mengurus identitas kependudukannya.

Baca juga: Pemkot Tangerang salurkan bantuan pangan ke 5.267 keluarga

“Perekaman KTP elektronik ini tentunya penting untuk kebutuhan administrasi para pelajar. Disdukcapil Kota Tangerang terus mendorong perekaman e-KTP ini agar para pelajar tidak kehilangan haknya menjadi pemilih untuk pertama kalinya,” ujarnya.

Perekaman e-KTP di sekolah tak hanya dilakukan Disdukcapil Kota Tangerang, tapi sejumlah kecamatan juga gencar melakukan program ini secara berkala sesuai dengan permohonan pihak sekolah.

"Dengan ini, kami imbau untuk seluruh pihak mendukung kelengkapan administrasi yakni patuh akan administrasi kependudukan,” pungkas Irman Pujahendra.

Baca juga: SML gandeng Microsoft jadikan kawasan Serpong Tangerang kota digital

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023