Sinar Mas Land akan menjadikan kawasan BSD City di Serpong Tangerang sebagai integrated smart and digital city dengan memanfaatkan potensi teknologi Artificial Intelligence (AI) dengan kolaborasi bersama Microsoft lewat integrasi teknologi chatbot.

"Bentuknya adalah mengimplementasikan Microsoft Azure Open AI Service dan Azure Cognitive Search untuk menghadirkan fitur 'Tanya' dalam aplikasi OneSmile," kata Chief Transformation Officer Sinar Mas Land, Mulyawan Gani pada acara Tech Media Workshop yang bertema “Transforming Property with Generative AI” di Serpong, Kamis.

Mulyawan Gani menambahkan ibarat sebuah city guide, pengguna dapat bertanya mengenai tempat hangout, restoran, atau cafe di BSD City dan mendapatkan rekomendasi yang sesuai.

"Fitur ini terbukti sangat berguna untuk meningkatkan pengalaman pengunjung, maupun penghuni di BSD City," ujarnya.

Baca juga: Wooden Bar, kafe ala Amerika di wilayah Serpong

Tak hanya penerapan teknologi AI di dalam bisnis Sinar Mas Land, Microsoft juga memberikan dukungan kepada corporate venture Sinar Mas Land yaitu Living Lab Ventures (LLV) melalui program Startup Founders Hub.

Dalam program itu, sebanyak 27 startup naungan LLV dapat mengakses berbagai macam aplikasi yang canggih mulai dari platform cloud yang terpercaya, aman, dan open-source friendly.

Microsoft juga menyediakan alat produktivitas terbaik bagi para tech developer seperti GitHub Enterprise, Engineer Visual Studio Enterprise, Power Platform, Microsoft 365, Dynamics 365, hingga akses ke Open AI.

"Melalui pemanfaatan teknologi tersebut diharapkan startup di bawah naungan LLV dapat menciptakan sejumlah inovasi baru, sehingga dapat mempercepat proses BSD City sebagai smart city yang terdepan di Tanah Air," ujarnya.

Baca juga: Jalan di Serpong Tangerang dilengkapi teknologi urai kemacetan

CEO Digital Tech Ecosystem and Development Sinar Mas Land, Irawan Harahap menambahkan pihaknya berupaya membangun masa depan yang lebih baik melalui transformasi dengan memilih mitra terbaik di antaranya Microsoft yang telah diakui keunggulannya dari sisi pengembangan teknologi cloud dan AI.

Hal ini diaplikasikan dalam pembangunan gedung di kawasan Digital Hub BSD City yang memanfaatkan Azure Digital Twins, guna mengotomasi berbagai sistem manajemen proyek konstruksi gedung yang tengah berlangsung.

"Kami terbuka mengundang berbagai mitra-mitra global tech lainnya untuk menjadikan Digital Hub BSD City ini sebagai ekosistem yang kolaboratif bagi penerapan teknologi terbaru," katanya.

Baca juga: Proyek penyediaan air minum Kota Tangerang dapat bantuan Rp205 miliar

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023