UPT Pelayanan Metrologi Legal Kota Tangerang menggelar sidang tera ulang di setiap kecamatan yang merupakan agenda tahunan untuk memastikan alat ukur yang digunakan masyarakat akurat.

"Layanan ini sangat penting untuk menjamin keakuratan alat ukur yang umumnya digunakan di masyarakat, seperti timbangan dan sejenisnya,” kata pimpinan layanan Sidang Tera Ulang (STU) Kecamatan Ciledug Ubaydillah saat melaksanakan tera ulang di wilayah Ciledug, Rabu.

Ia mengatakan STU akan terus dilakukan secara masif untuk merealisasikan gerakan 3M yakni masyarakat melek metrologi di Kota Tangerang.

Selain itu, untuk menciptakan kualitas keakuratan pengukuran yang merupakan salah satu indikator terpenting dalam proses produksi, transaksi, maupun pelayanan masyarakat yang menyangkut perihal pengukuran dan perlengkapannya.

“Kami melihat kualitas keakuratan alat ukur ini merupakan hal penting yang diperlukan dalam berbagai aktivitas masyarakat pada umumnya, sehingga kami berharap layanan serupa ini dapat lebih sering diselenggarakan lagi,” ujarnya.

Baca juga: Disperindag Lebak dan Kemendag tera ulang alat ukur milik pedagang-SPBU

Sementara itu dalam pelaksanaan tera ulang di Ciledug, STU memberikan pelayanan dalam bentuk pengelolaan instalasi uji peralatan, pelaksanaan tera dan tera ulang, pengujian ulang keakuratan, dan pengelolaan cap tanda tera yakni bukti verifikasi keakuratan,

Ada beberapa yang ditera yakni alat ukur, takar, timbang dan perlengkapan (UTTP) yang umumnya digunakan oleh masyarakat seperti timbangan pegas, timbangan elektronik, timbangan meja, timbangan sentisimal, timbangan bobot ingsut, neraca, dacin dan lainnya.

"Kita harapkan alat ukur yang digunakan sudah sesuai dengan ketentuan dan tak ada pihak yang dirugikan," ujarnya

Kepala Seksi Ekonomi dan Pembangunan (Ekbang) Kecamatan Ciledug, Soni Wibisono menambahkan STU di Kecamatan Ciledug tidak dikenakan biaya. Sasarannya adalah kelompok masyarakat yang tergabung dalam Posyandu dan para pedagang kecil.

“STU kali ini mendapat sambutan dengan antusiasme yang lumayan, terlihat puluhan masyarakat sekitar bergantian mengakses layanan tera dan tera ulang ini. Kami juga sangat mendukung STU di Kecamatan Ciledug bisa berjalan lancar dan sukses,” ujarnya.

Baca juga: Tekan kecurangan, Badan Metrologi Cilegon tera ulang timbangan pedagang

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023