Dinas Perumahan, Pemukiman, dan Pertanahan (Disperkimtan) Kota Tangerang menawarkan Rumah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa) Manis Jaya sebagai pengganti tempat tinggal yang terbakar bagi warga terdampak kebakaran Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Rawa Kucing.

"Kami sudah tawarkan untuk relokasi ke Rusunawa Manis Jaya bagi warga yang rumahnya terbakar saat peristiwa kebakaran TPA Rawa Kucing," kata Kepala Disperkimtan Kota Tangerang, Sugihharto Achmad Bagdja di Tangerang Jumat

Ia menuturkan, Dinas Perkimtan Kota Tangerang telah menyiapkan langkah-langkah strategis untuk membantu penanganan pasca terjadinya kebakaran di TPA Rawa Kucing.

Baca juga: Armada damkar tetap siaga di TPA meski tanggap bencana dicabut

Berdasarkan pertimbangan kondisi yang ada, Dinas Perkimtan Kota Tangerang telah menawarkan 28 Kepala Keluarga (KK) korban terdampak untuk direlokasi ke tempat yang lebih layak, yakni Rusunawa Manis Jaya yang terletak di Jatiuwung.

"Saat ini masih dalam tahap komunikasi lebih lanjut dengan para korban terdampak,” ujarnya.

Ia melanjutkan, Dinas Perkimtan Kota Tangerang juga telah menyiapkan pendekatan khusus untuk memberikan keringanan kepada korban terdampak.

Baca juga: Pemkot Tangerang resmi cabut status darurat kebakaran TPA Rawa Kucing

Lanjutnya, Dinas Perkimtan Kota Tangerang akan memberikan keringanan berupa pembebasan biaya sewa pada tiga bulan pertama serta setelahnya akan dilanjutkan sesuatu dengan prosedur yang berlaku.

“Pemilihan Rusunawa Manis Jaya sendiri dipilih berdasarkan kondisi yang paling memungkinkan. Di sana, terdapat beberapa unit yang kosong dilengkapi dengan fasilitas yang layak dan memadai,” tambahnya.

Selain itu, Dinas Perkimtan Kota Tangerang berharap rencana ini dapat dimanfaatkan oleh para korban terdampak secara maksimal.

"Para korban terdampak dapat sesegera mungkin kembali memiliki tempat tinggal yang aman, nyaman, dan layak huni," katanya.

Baca juga: DLH sebut pengangkutan sampah ke TPA Rawa Kucing normal

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023