Kecamatan Pinang bersama PKK membuat dua program inovasi yakni dampingi balita atasi stunting (Damba Anting) dan kunciran indah cegah stunting dengan masak bareng ibu balita (Kunci Canting Mabar) 

Ketua TP PKK Kecamatan Pinang, Lisda Hidayani di Tangerang Kamis mengatakan Damba Anting merupakan sebuah pendampingan bagi balita berisiko stunting ke puskesmas untuk diperiksa kesehatannya. 

Namun apabila anak tersebut memerlukan penanganan lebih lanjut, maka akan didampingi ke RSUD Kota Tangerang untuk mendapatkan perawatan lebih intensif.

“Kalau anak berisiko stunting sakitnya berlebih, maka kader dan petugas kesehatan akan melakukan pendampingan di lingkungan rumah. Seperti memperhatikan makanan, kebersihan dan cara meminum obat,” katanya

Baca juga: PKK Tangsel tertarik duplikasi aplikasi eDasawisma Kota Tangerang

Sedangkan Kunci Canting Mabar merupakan upaya TP PKK Kecamatan Pinang mengajak ibu balita berisiko stunting dengan memasak makanan bergizi.

“Dengan ini, penanganan stunting dilakukan secara lengkap. Baik secara asupan yang padat akan gizi, maupun secara fasillitas atau sarana prasarana yang dapat dimanfaatkan secara gratis,” katanya.

Wakil Wali Kota Tangerang Sachrudin mengatakan berdasarkan, Survei Status Gizi Indonesia (SSGI) tahun 2022, menunjukkan angka prevalensi stunting di Kota Tangerang telah mengalami penurunan yang signifikan.

“Kasus stunting turun dari 15,3 persen menjadi 11,8 persen. Kontribusi positif ini juga telah membantu menurunkan prevalensi stunting di Provinsi Banten, dari 24,5 persen menjadi 20,0 persen,” kata Sachrudin dalam kegiatan beberapa waktu lalu.

Baca juga: Program Maklor PKK Periuk Tangerang sukses turunkan kasus stunting

Ia mengatakan berdasarkan target Provinsi Banten pada tahun 2024, angka prevalensi stunting di Kota Tangerang harus mencapai 9,06 persen. Apalagi di tahun 2022 juga tercatat ada 63.452 keluarga di Kota Tangerang yang berisiko stunting. 

“Untuk itu, kita harus bekerja keras, bekerja sama dalam menurunkan angka stunting agar kita dapat menciptakan generasi masa depan yang unggul dan berkualitas. Mari bersama-sama menjadi pelopor dalam penurunan stunting di Kota Tangerang,” ujarnya.

 

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023