Perusahaan Umum (Perum) Bulog) Divisi  Regional Kabupaten Lebak dan Pandeglang menyebutkan stok beras cukup untuk memenuhi kebutuhan sampai akhir 2023.
 
Kepala Perum Bulog Divre Lebak-Pandeglang Umar Said di Lebak, Rabu, mengatakan stok beras di Gudang Bulog sebanyak 3.500 ton sehingga masyarakat tidak perlu khawatir.
 
Saat ini, stok beras yang ada di gudang layanan Bulog mencapai 3.500 ton untuk memenuhi kebutuhan pangan masyarakat Kabupaten Lebak dan Pandeglang.
 
Kemungkinan beras tersebut didistribusikan pekan depan untuk Program Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP) dengan harga eceran tertinggi (HET) Rp9.450/kilogram.
 
Perum Bulog memastikan beras program SPHP juga tersedia di kios pasar tradisional dan kios lainnya di luar pasar agar masyarakat mampu membeli beras dengan HET itu.

Baca juga: Pemkab Lebak jamin beras program bantuan pangan berkualitas
 
Selama ini, Bulog tidak membatasi penjualan beras SPHP bagi masyarakat yang menginginkan sepanjang pembelian benar-benar untuk dikonsumsi rumah tangga dan bukan untuk diperjualbelikan kembali dengan harga melebihi HET.
 
"Saya kira penjualan beras SPHP itu sesuai dengan regulasi dan harga yang telah ditetapkan untuk memenuhi ketersediaan pangan masyarakat juga mengendalikan harga di pasaran," katanya menjelaskan.
 
Menurut dia, Perum Bulog kini memaksimalkan monitoring SPHP beras ke pasar Rangkasbitung dan Pasar Badak Pandeglang.
 
Selain itu juga pihaknya mengajak stakeholder untuk pengawasan bersama dengan pemerintah kabupaten, dinas ketahanan pangan, dinas perindustrian dan perdagangan, Satgas Pangan Kepolisian setempat.
 
"Kami akan meningkatkan sosialisasi kepada masyarakat agar harga beras SPHP terjaga dan stabil, sehingga terpenuhi ketersediaan pangan masyarakat," kata Umar.

Baca juga: Bulog sebut stok beras cukup penuhi kebutuhan warga Tangerang
 
Sementara itu seorang pedagang di Pasar Rangkasbitung Kabupaten Lebak, H Baden mengatakan bahwa saat ini harga beras relatif stabil juga terpenuhi untuk ketersediaan pangan masyarakat.
 
Bahkan, dirinya kini memiliki stok beras sekitar 20 ton dan mencukupi hingga akhir tahun 2023.
 
"Kami mengapresiasi beras SPHP kini persediaan beras di pasaran melimpah dan terjaga dengan harga stabil," katanya.

Baca juga: Ungkap mafia beras, Kapolda Banten dapat penghargaan dari Bulog

Pewarta: Mansyur suryana

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023