Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Lebak AKBP Suyono menyebutkan momentum peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-95 merupakan momentum untuk membudayakan gotong royong dan memperkuat kerukunan serta persatuan.
 
"Kita berharap hidup gotong royong, toleransi kerukunan dan persatuan dapat dijaga dan dilestarikan di masyarakat," kata AKBP Suyono dalam peringatan Hari Sumpah Pemuda yang diikuti para Perwira dan ASN Polres Lebak, Sabtu.
 
Perjuangan bangsa tak kenal lelah untuk keinginan merdeka dan lepas dari penjajahan dari Sabang sampai Merauke.
 
Para pemuda dari berbagai daerah di Tanah Air bersatu untuk melawan penjajah, karena mereka tidak memiliki sikap perikemanusiaan.
 
Karena itu, para pemuda bersatu dan bangkit untuk melakukan perlawanan terhadap penjajah dengan mengorbankan jiwa dan raga.

Baca juga: Presiden sebut Indonesia miliki peluang besar capai Indonesia Emas 2045
 
Berkat semangat perjuangan yang dilahirkan pada Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928, sehingga Indonesia merdeka tahun 1945.
 
Dengan demikian, momentum Hari Sumpah Pemuda itu tentu mengingatkan bangsa Indonesia terhadap sejarah kegotongroyongan dan kerukunan dan persatuan untuk membangun semangat jiwa patriotisme.
 
"Kita sebagai anak bangsa tentu harus menjaga bangsa ini aman,damai dan sejahtera juga memperkokoh persatuan," katanya menjelaskan.
 
Ia juga mengatakan untuk melahirkan sebuah komitmen kebangsaan yaitu bertumpah darah satu tanah air Indonesia juga berbangsa satu bangsa Indonesia. Dan, selanjutnya menjunjung bahasa persatuan bahasa Indonesia.
 
Karena itu, tema peringatan Sumpah Pemuda ke 95 tahun 2023 yaitu "Bersama Majukan Indonesia”.
 
Peringatan Hari Sumpah Pemuda dengan logo yang memiliki makna dengan membentuk stilasi barisan manusia yang menyimbolkan kolaborasi barisan manusia yang menyimbolkan warna-warni menunjukkan keanekaragaman suku, bahasa dan budaya.
 
"Dengan keanekaragaman itu menjadi sumber kekuatan dalam memajukan Indonesia,” pungkas Suyono.

Baca juga: Isi Sumpah Pemuda, Prime Kumite Championship kembali digelar

Pewarta: Mansyur suryana

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023