Perhimpunan Hotel Restotan Indonesia (PHRI) Banten menyebutkan tahun politik berdampak positif bagi pariwisata di antaranya bagi bisnis perhotelan.
 
Ketua Steering Committee (SC) BPD PHRI Banten Doddy Fathurahman di Serang, Banten, Jumat, mengatakan, tahun politik menjadi salah satu target market dari pengusaha hotel dan restoran, baik di dalam kota mau pun di kawasan pariwisata, seperti di kawasan Pantai Anyer-Cinangka.
 
Tahun politik cukup berdampak baik dan positif pada sektor pariwisata di daerah, khususnya perhotelan. Sebab, biasanya partai politik memiliki berbagai kegiatan yang membutuhkan tempat pertemuan atau pun rapat seperti mengadakan meeting, pertemuan, atau pun kampanye," katanya.

Baca juga: PHRI Banten: Media miliki peran penting bangun pariwisata
 
Doddy mengatakan, kenaikan okupansi pariwisata di tengah tahun politik ini akan berkontribusi terhadap kenaikan perekonomian di Banten. Diprediksi, kenaikan okupansi akan mencapai 10 persen.
 
"Menuju 2024 nanti akan lebih menarik lagi dibandingkan dengan tahun sebelumnya saat COVID-19 dua tahun lalu, kenaikan okupansi tersebut dipengaruhi juga oleh tahun politik yang berkontribusi terhadap perekonomian di Banten," katanya.
 
Selain itu, ia menyebut saat ini tingkat permintaan hunian hotel di Banten juga meningkat, terbukti dengan adanya investor yang berani menanam investasi di bidang pariwisata di Banten.
 
Lebih lanjut, Ia mengatakan ada sebanyak delapan hotel yang sedang di bangun di Banten.

Baca juga: PHRI dorong Pemkot Serang benahi objek wisata unggulan
 
"Banyak hotel-hotel baru yang akan mengisi kawasan wisata, seperti di kawasan wisata Anyer sekarang sedang sedang dibangun hotel bintang lima," katanya.
 
Meski permintaan tingkat hunian hotel meningkat, ia juga meminta masyarakat baik yang menginap atau mengulas tentang makanan di Banten, bisa memberikan ulasannya ke pihaknya. Hal itu bertujuan agar pihaknya bisa memberi tahu permintaan masyarakat secara langsung.
 
"Kita meminta masyarakat yang sering review hotel atau makanan di Banten, bisa memberikan komentarnya dan keluhannya agar kita bisa memberikan pelayanan yang terbaik," tegasnya.
 
Pihaknya juga optimis perekonomian pariwisata di Banten akan terus meningkat, apalagi tidak ada halangan seperti masa pandemi COVID-19.
 
Baca juga: Okupansi hotel di Anyer capai 100 persen saat weekend

Pewarta: Desi Purnama Sari

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023