Perhimpunan Hotel dan Restoran (PHRI) Kota Serang mendorong pemerintah setempat melakukan penataan objek wisata unggulan di Kota Serang yakni wisata religi Banten Lama dan Pantai Karangantu.

"Paling utama yang harus dibenahi itu lokasi parkir yang terlalu jauh di situs Banten Lama," kata Ketua PHRI Kota Serang Indah Siti Rezeki saat mengunjungi Kantor Berita Antara Biro Banten di Serang, Selasa.

Menurut Indah, saat ini Banten Lama sudah berubah total dan lebih baik setelah Pemprov Banten turun tangan melakukan pembenahan objek wisata religi tersebut. Selanjutnya masih ada beberapa 'pekerjaan rumah' yang perlu perbaikan salah satunya lokasi parkir.

"Para wisatawan yang kami bawa mengeluhkan lokasi parkir yang terlalu jauh ke objek wisata-nya," kata Indah menambahkan.

Begitu juga penataan kios-kios pedagang perlu terus dilakukan perbaikan.

Baca juga: PHRI Banten: Media miliki peran penting bangun pariwisata

Selain Banten Lama, PHRI Kota Serang juga menyoroti objek wisata Pantai Karangantu yang belum tertata dengan baik. Di antaranya akses jalan yang terlalu sempit serta daya tarik wisata pendukung lainnya.

"Karangantu dan Pantai Gope apa yang mau kita jual. Masuknya seperti itu. Itu tidak mencerminkan pantai, lebih ke pasar ikan," kata Indah.

Indah menyoroti akses jalan ke lokasi itu yang terlalu sempit.

"Harusnya ada jalan atau jembatan yang bisa akses langsung ke situ. Gak mungkin sekarang ini ada bis masuk ke situ," katanya.

Objek wisata lainnya yang ada di lokasi tersebut seperti Klenteng atau Vihara Avalokitesvara dan juga Benteng Spelwijk akses-nya perlu dibenahi agar memudahkan wisatawan datang ke lokasi itu dengan aman dan nyaman.

"Jadi kesannya itu kita mau ke mana sih. Enggak tercermin sebagai objek wisata sejarah. Padahal destinasinya sudah diperbaiki," pungkas GM Hotel Wisata Baru Kota Serang itu.

Baca juga: Melihat dari dekat destinasi wisata religi di Komplek Masjid Agung Banten
Baca juga: Berkolaborasi dengan UGM, Pemkab Serang bangkitkan wisata religi Tanara
 

Pewarta: Mulyana

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023