Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Provinsi Banten, Ashok Kumar mengatakan, media massa memiliki peran penting dan strategis dalam mendukung pembangunan sektor pariwisata setempat, apalagi di era kemajuan teknologi informasi saat ini.

"Jadi, tanpa media kita tidak bisa meng'counter' berita atau informasi, seperti cuaca alam atau tsunami seperti yang pernah terjadi di Anyer, Kabupaten Serang pada waktu dulu," kata Ashok saat mengunjungi Kantor Berita Antara Biro Banten, di Serang, Selasa.

Ia menjelaskan bahwa media merupakan faktor yang tidak terpisahkan dalam mengkomunikasikan informasi terkait pariwisata. Sehingga media merupakan partner strategis pemerintah dalam membangun pariwisata.

"Media itu menjadi bagian dari Penta Helik atau lima unsur dalam pembangunan pariwisata yakni Akademisi, Pebisnis, Comunity, Government dan Media atau kita sebut ABCGM," katanya.

Baca juga: Buat tarik wisatawan, Pemkab Lebak kembangkan wisata hijau

Menurutnya, media itu merupakan partner yang tidak bisa dihilangkan. Sebab, kata dia, unsur tersebut yang menjadi penopang pariwisata.

"Karena, pariwisata itu tidak bisa berdiri sendiri, sehingga perlunya kolaborasi sinergitas atau seperti kemarin ada kegiatan empowering business collaboration dan diharapkan dengan media dapat memberikan expos nilai tambah atau good news," kata Ashok.

Ashok juga menambahkan hal tersebut menjadi pengingat akan peran vital media dalam mendukung industri pariwisata, terutama dalam situasi darurat atau perubahan kondisi yang dapat mempengaruhi pengalaman wisatawan.

Baca juga: Wisata alam kampung domba di Pandeglang cocok untuk isi akhir pekan

"Apalagi di era digital sekarang ini, kita semua bisa jadi wartawan. Foto, ketik, ketik, ketik, sebentar langsung kirim. Kalau cetak kan  besok baru keluar, kalau digital sudah keluar duluan, beritanya" kata Ashok Kumar.

"Dengan kerjasama yang baik antara sektor pariwisata dan media, diharapkan informasi  akurat serta cepat dapat disampaikan kepada semua pihak yang terlibat dalam industri ini," kata dia.

Dengan demikian, sektor pariwisata bisa semakin maju karena pariwisata berperan penting dalam pengentasan kemiskinan. Makin banyak dikelola maka akan semakin bagus dan kemiskinan terus berkurang.

"Minyak bumi habis, gas habis, batu bara habis. Makanya kami sudah menuju ke sana, yakni Smart Hotel," pungkas Ashok Kumar.

Baca juga: Melihat dari dekat destinasi wisata religi di Komplek Masjid Agung Banten

Pewarta: Mulyana

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023