Bakal calon wakil presiden (cawapres) usungan Koalisi Perubahan Muhaimin Iskandar atau Cak Imin bersyukur semua bakal pasangan calon (paslon) peserta Pilpres 2024 dinyatakan lolos tes kesehatan.

Muhaimin mengaku dia sempat khawatir apabila dinyatakan tidak lolos tes kesehatan.

"Oh, sudah (pengumuman)? Semua lolos? Alhamdulillah semua lolos. Saya deg-degan kalau enggak lolos," kata Cak Imin ditemui usai Pembukaan Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) DPD Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) DKI Jakarta, di Gedung Dakwah Muhammadiyah, Jakarta, Jumat.

Baca juga: Ketua KPU RI sebut tiga bakal paslon mampu jadi capres-cawapres

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Hasyim Asy'ari di Jakarta, Jumat, mengumumkan hasil tes kesehatan tiga bakal pasangan capres dan cawapres menunjukkan mampu menjalani tugas sebagai presiden dan wakil presiden.

KPU RI pun telah menerima berkas hasil tes kesehatan ketiga bakal pasangan capres dan cawapres dari Kepala Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto Letjen TNI dr. Albertus Budi Sulistya, Sp.THT-KL., M.A.R.S. di Kantor KPU, Jakarta, Jumat.

Menurut hasil pemeriksaan, kata Hasyim, Muhaimin bersama calon presiden usungan Koalisi Perubahan Anies Baswedan disimpulkan mampu menjalankan tugas apabila terpilih dan dinyatakan bebas dari narkoba.

Baca juga: Sambangi Pesantren Al Falak, Anies Baswedan dapat doa dari santri

"Pada kesempatan pertama, yang hadir di Kantor KPU mendaftar dan juga konsekuensinya, kemudian kesempatan pertama dilakukan pemeriksaan kesehatan, yaitu Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar; itu menurut hasil pemeriksaan disimpulkan bahwa hasil pemeriksaannya mampu menjalankan tugas sebagai (calon) presiden dan (calon) wakil presiden; yang kedua dinyatakan bebas dari penyalahgunaan narkoba," kata Hasyim.

Anies dan Muhaimin merupakan bakal paslon pertama yang mendaftarkan diri ke Kantor KPU RI di Jakarta, Kamis (19/10). Bakal pasangan calon itu juga menjadi yang pertama menjalani tes kesehatan di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta, Sabtu (21/10).

Baca juga: KPU Lebak ajak masyarakat tidak golput pada Pemilu 2024

Pewarta: Fath Putra Mulya

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023