Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tangerang, Banten, masih memadamkan api yang membakar sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Rawakucing.

"Masih dalam proses pendinginan dan pemadaman di beberapa titik lainnya," kata Kepala BPBD Kota Tangerang Maryono Hasan saat dihubungi di Tangerang, Jumat.

Ia mengatakan lokasi kebakaran berada di line 1 yang ada di tengah tumpukan sampah. Karena kondisi angin sangat kencang, kata dia, menyebabkan api cepat menyambar sampah lainnya yang kondisinya kering dan mudah terbakar.

Baca juga: BPBD Tangerang berupaya padamkan api di TPA Jatiwaringin

Pihaknya pun langsung menerjunkan puluhan personel untuk melakukan pemadaman agar api tak merambat lebih besar. Sebab sampah yang ada dalam keadaan mudah terbakar.

Namun terkait penyebabnya, kata dia, masih diselidiki dan dugaan sementara karena cuaca panas. Saat ini, lanjutnya, BPBD fokus pada proses pemadaman dan memastikan tak ada titik api lagi.

Berdasarkan informasi yang diperoleh, kebakaran di TPA Rawakucing terjadi pukul 14.00 WIB dan sumber api berasal dari area tengah tumpukan sampah.

Puluhan mobil pemadam dari BPBD Kota Tangerang pun dikerahkan untuk melakukan pemadaman. Kemudian mobil ambulans pun disiagakan untuk mengevakuasi warga sekitar.

Kebakaran di TPA Rawakucing tersebut menimbulkan asap tebal berwarna hitam dan dapat dilihat dari kejauhan, termasuk dari Bandara Soekarno-Hatta (Soetta).

Baca juga: Pemkot Tangerang mulai bersiap menuju tahapan Indonesia Emas 2045
Baca juga: Kota Tangerang raih penghargaan kota pangan aman terbaik dari BPOM

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023