Sebanyak 20 peserta mulai mengikuti pelatihan kerja berbasis instalasi listrik yang diselenggarakan Balai Latihan Kerja (BLK) Kota Tangerang hingga 22 November mendatang.

Kepala BLK Kota Tangerang Yasin Surya di Tangerang, Kamis mengatakan peserta akan mengikuti pelatihan dalam dua kategori yakni materi dan praktek.

Pada tahap pertama, peserta akan diberikan  pengenalan pada alat-alat yang digunakan atau dibutuhkan saat proses pengerjaan instalasi listrik.

"Harapannya, semangat atau antusias para peserta dapat terbangun sejak hari pertama pertemuan,” kata Yasin saat membuka pelatihan di BLK Cibodassari.

Kemudian pada tahap kedua akan dilakukan uji kompetensi untuk mendapatkan sertifikasi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP), jika dinyatakan lulus. 

Baca juga: Disnaker Tangerang gelar pelatihan instalasi listrik di BLK Cibodas

Oleh karena itu, selama pembinaan atau pelatihan seluruh peserta memang benar-benar diberikan ilmu secara nyata hingga dipastikan bisa atau paham pada bidang kelasnya. 

"Standarnya, kemampuan yang mereka miliki pasca mengikuti BLK benar-benar standar masuk atau laik bekerja di perusahaan,” katanya.

Jelang akhir tahun 2023, BLK Kota Tangerang masih akan membuka satu kelas pelatihan lagi yakni Teknik Otomotif Mobil yang akan dibuka pada November mendatang. 

“Dengan itu, masyarakat Kota Tangerang diimbau untuk terus memantau informasinya di Instagram @blk_kotatangerang. Jangan terlambat, karena setiap satu kelas yang dibuka, pendaftar yang masuk bisa hingga 80 orang sedangkan kuotanya hanya 20 orang saja,” katanya menjelaskan.

Sebagai informasi, Pemkot Tangerang melalui Disnaker Kota Tangerang memiliki empat lokasi BLK yang dapat diakses masyarakat secara gratis diantaranya, Kecamatan Benda, Kecamatan Cibodas, Kecamatan Larangan dan Kecamatan Cipondoh.

BLK Kota Tangerang memiliki delapan kelas pelatihan yang dilatih langsung oleh mentor-mentor yang kompeten di bidangnya. Yakni, operator komputer, desain grafis, menjahit, tata boga, servis motor, servis mobil, instalasi listrik, perhotelan, dan teknik pendingin.

Baca juga: BLK Tangerang telah latih 2.522 peserta dari 131 angkatan

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023