Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Kota Tangerang, Banten menggelar pelatihan kerja kategori instalasi listrik di Balai Latihan Kerja (BLK) Cibodas, 19 hingga 22 November 2023.

Kepala Unit Pelaksana Teknis Balai Latihan Kerja (BLK) Disnaker Kota Tangerang Yasin Surya di Tangerang, Selasa, mengatakan pendaftaran peserta program itu dibuka hingga 11 Oktober 2023.

Proses pendaftaran peserta bisa dilakukan masyarakat melalui aplikasi Tangerang LIVE dan masuk ke fitur Tangerang Cakap Kerja. Pendaftar bisa memilih menu BLK dan mengisi formulir pendaftaran.

"Nanti tinggal menunggu konfirmasi terkait dari proses pendaftaran yang sudah dilakukan," kata dia.

Baca juga: BLK Tangerang telah latih 2.522 peserta dari 131 angkatan

Ia menjelaskan peserta pelatihan tidak dikenakan biaya namun jumlah mereka terbatas sehingga masyarakat yang ingin meningkatkan keterampilan melalui program tersebut agar segera mendaftarkan diri.

Ia mengharapkan program pelatihan kerja bidang instalasi listrik ini dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh masyarakat.

Dinas Ketenagakerjaan Kota Tangerang mencatat 2.522 peserta telah mengikuti pelatihan di BLK sejak 2016 hingga saat ini.

Baca juga: Disnaker Kota Tangerang latih pemuda cara pengecatan

Kepala Disnaker Kota Tangerang Ujang Hendra mengatakan pemkot setempat memiliki empat lokasi BLK, yakni di Kecamatan Benda, Kecamatan Cibodas, Kecamatan Larangan, dan Kecamatan Cipondoh.

Terdapat delapan kelas untuk pelatihan langsung oleh mentor-mentor yang kompeten di bidangnya, yakni operator komputer, desain grafis, menjahit, tata boga, servis motor, servis mobil, teknik listrik, perhotelan, dan teknik pendingin.

Peserta yang telah mengikuti pelatihan mendapatkan sertifikasi dari BLK Kota Tangerang serta sertifikasi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).

“Diharapkan lewat BLK Kota Tangerang dapat menekan angka pengangguran serta mencetak SDM yang produktif dan kreatif. Jadi ayo ikuti pelatihan gratis BLK Kota Tangerang. Manfaatkan kemudahan yang diberikan untuk maju dan aktif meningkatkan keterampilan dan dapat terjun ke dunia kerja,” kata Ujang.

Baca juga: BLK Kota Tangerang buka pelatihan menjahit pakaian

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023