Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Kelurahan Ketapang Cipondoh membuat aplikasi Ketapang Smart Digital berisi informasi layanan pendidikan, kesehatan, UMKM, bantuan hukum hingga aspirasi kepada RT/RW

Ketua KIM Kelurahan Ketapang, Nakim Mustakim di Tangerang Selasa mengatakan aplikasi ini dibuat selama tiga bulan oleh tim KIM Ketapang.

Tujuannya untuk mendukung percepatan digitalisasi di seluruh wilayah Kota Tangerang terkait program Smart City yang dijalankan Pemkot, ujarnya.

"Kami ingin meneruskan atau melakukan percepatan digitalisasi di wilayah. Sehingga, apa yang sudah dilakukan Pemkot Tangerang tidak terputus di wilayah atau kelurahan," kata Nakim saat sosialisasi aplikasi di Aula Kantor Kelurahan Ketapang.

Baca juga: PT Taspen imbau penerima pensiun gunakan aplikasi Taspen Otentikasi versi 1.6.9

Selain itu, dalam aplikasi Ketapang Smart Digital juga dapat menyerap aspirasi masyarakat kepada RT/RW sehingga dapat disampaikan ke Kelurahan.

"Dalam aplikasi Ketapang Smart Digital juga ada menu yang akan langsung ke aplikasi Tangerang LIVE. Sehingga, aplikasi ini saling melengkapi. Di mana Ketapang Smart Digital untuk informasi kewilayahaan, dan Tangerang LIVE untuk aplikasi keseluruhan di Kota Tangerang," lanjutnya.

Ketua Forum Komunikasi KIM Kota Tangerang, Yahya Suhada berharap bahwa seluruh KIM yang ada di Kota Tangerang dapat membuat beragam inovasi. Sehingga, percepatan digitalisasi di Kota Tangerang akan semakin cepat dan memudahkan masyarakat.

"Tentu saya berharap, KIM Ketapang ini dapat menjadi contoh bagi KIM di kelurahan lainnya. Ini adalah aplikasi pertama di kewilayahaan yang dibuat oleh KIM. Jadi, harus menjadi pemicu bagi KIM di wilayah lain untuk berinovasi khususnya dalam percepatan digitalisasi di Kota Tangerang," harapnya.

Sebagai informasi, aplikasi Ketapang Smart Digital tersedia di sistem operasi Android dan dapat diunduh di Play Store.

Baca juga: Aplikasi Silacak mampu hemat penggunaan bakar armada sampah
Baca juga: Diskominfosatik Kabupaten Serang luncurkan aplikasi Serang Tatu

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023