Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang, Banten mendistribusikan sebanyak 3.200 paket beras murah dalam operasi pasar (OP) sebagai upaya menurunkan harga sekaligus menekan inflasi.

Penjabat (Pj) Bupati Tangerang Andi Ony Prihartono mengatakan bahwa kegiatan operasi pasar paket murah untuk masyarakat ini digelar di Kawasan Lippo Karawaci, Kecamatan Kelapa Dua, dengan menggandeng PT Lippo Karawaci Tbk serta unsur TNI/Polri.

"Ini merupakan bentuk nyata kami, jadi bukan hanya program di atas kertas saja tapi langsung dipraktikkan. Dan ini kita berikan dari program masyarakat khususnya sebagai membantu mengatasi kelangkaan beras," kata Andi di sela pendistribusian beras murah di Tangerang, Sabtu.

Baca juga: Bulog sebut stok beras cukup penuhi kebutuhan warga Tangerang

Menurut dia, pendistribusian beras murah tersebut sebagai upaya untuk mengendalikan inflasi dampak adanya kenaikan harga dari sejumlah komoditas pangan secara nasional. Kendati, bahan pokok itu pun dijual dengan harga di bawah pasaran yang disubsidi oleh pemerintah.

"Dengan harga beras lima kilogram-nya Rp100 ribu itu dijual hanya Rp49 ribu dan ini diberikan untuk masyarakat yang kelas menengah ke bawah bisa menikmatinya," katanya.

Ia menyebutkan, selain beras, dalam pengendalian harga ini pihaknya juga menyediakan komoditas lain, seperti minyak goreng, gula pasir dan tepung terigu dengan dijual murah kepada masyarakat di empat kelurahan di Kabupaten Tangerang secara serentak.

Baca juga: Pemkab Tangerang fokus pada empat pelaksanaan pembangunan

"Sekitar 3.200 paket yang akan dijual murah untuk masyarakat yang ada di desa/kelurahan. Nanti ada empat kelurahan, di Kecamatan Kelapa Dua itu dibagikan secara serentak," ujarnya.

Ia pun berharap adanya kegiatan ini menjadi trigger untuk memotivasi stakeholders yang lain untuk membantu dalam mengendalikan harga kebutuhan pangan di daerah.

"Mungkin nanti pihak pengembang/swasta lain bisa ikut berkolaborasi bersama kami dalam membantu mengendalikan harga kebutuhan masyarakat," kata dia.

Baca juga: HUT ke-391 Tangerang jadi momen optimalisasi pembangunan daerah

Pewarta: Azmi Syamsul Ma'arif

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023