Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Tangerang Banten direkomendasikan untuk mendapatkan kategori utama dari proses hasil akreditasi yang dilakukan oleh PMI Pusat dan Banten.

"Hasil rekomendasi untuk selanjutnya akan diteruskan kepada Komite Pengarah Akreditasi di PMI Pusat untuk proses lebih lanjut," kata Hidayat, salah satu asesor yang melakukan akreditasi di PMI Kota Tangerang di Tangerang, Jumat.

Ia menjelaskan rekomendasi ini diberikan karena PMI Kota Tangerang berdasarkan peringkat mendapatkan nilai tinggi dan hanya memerlukan perbaikan yang sifatnya minor.

"Dari hasil proses akreditasi yang kami lakukan di Kabupaten/Kota di Banten, PMI Kota Tangerang mendapatkan peringkat Utama yang pertama di Provinsi Banten, dan se-Indonesia untuk tingkat kabupaten/kota. Kemudian ada dua yang pratama, dan empat madya untuk daerah lain," katanya.

Baca juga: PMI Tangerang gelar penyuluhan gizi seimbang untuk atasi stunting

PMI Pusat menunjuk tim penilai akreditasi yang terdiri atas tiga orang, yaitu Hidayat dari Provinsi Sumatera Barat, Embay Badriah dari Provinsi Banten, dan Ridwan dari Markas Pusat PMI. Ia menambahkan, PMI Pusat melaksanakan kegiatan akreditasi ke seluruh wilayah di Indonesia

Metode yang dipergunakan dalam proses akreditasi antara lain wawancara, observasi lapangan, serta cek dokumen berdasarkan perangkat akreditasi PMI.

Kemudian dilanjutkan sampai dengan penyusunan rencana tindak lanjut oleh jajaran staf Markas PMI Kota Tangerang dengan melihat kelemahan pada hasil temuan sepanjang proses assessment (upaya untuk mendapatkan data/informasi), sehingga menjadi prioritas kegiatan yang akan dilaksanakan untuk kedepannya.

"Harapannya agar rencana program atau kegiatan yang disusun dapat berkontribusi secara maksimal dalam peningkatan kapasitas organisasi PMI Kota Tangerang," katanya.

Baca juga: Hujan di Kota Tangerang diprakirakan mulai pekan kedua November

Ketua PMI Kota Tangerang Oman Jumansyah menyampaikan apresiasi kepada tim asesor karena mendapatkan rekomendasi yang ada.

"PMI Kota Tangerang siap untuk meningkatkan kiprah dan pelayanan berdasar masukan-masukan yang ada selama proses akreditasi” katanya.

Oman juga mengatakan hasil ini merupakan hasil kerja sama antara pengurus, staf, dan relawan dalam melaksanakan tugas-tugas PMI, baik di bidang administrasi maupun bidang pelayanan.

"Semoga dengan hasil akreditasi dengan gelar Utama, PMI kota Tangerang terus memberikan pelayanan terbaik dan juga berupaya meningkatkan pelayanan-pelayanan untuk masyarakat," katanya.

Baca juga: Polda Metro Jaya salurkan 120 ribu liter air bersih ke warga di Tangerang

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023